BMGTS Lakukan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di Bangka Selatan

avatar Tong Hari
Tong Hari

528 x dilihat
BMGTS Lakukan Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di Bangka Selatan
Sosialisasi PMB Di SMKN 1 Toboali

SMAN I Simpang Rimba
SMAN I Simpang Rimba

MA Nurul Iman Permis
MA Nurul Iman Permis

SMAN 1 Pulau Besar
SMAN 1 Pulau Besar

IAINSASBABEL.AC.ID - Bangka Selatan. Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) bersama mahasiswa Formasi KIP-K IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adakan sosialisasi ke seluruh sekolah SMA/MA sederajat yang ada di Bangka Belitung. Kegiatan sosialisasi ini diberi nama Bidikmisi KIP-K Goes to School (BMGTS).

Sementara itu, Koordinator Penerimaan Mahasiswa Baru  Kusnadi, S.Kom., M.M Terkait dengan Penerimaan Mahasiswa Baru tahun Akademik 2022/2023,  IAIN SAS Bangka Belitung  sudah menyiapkan kepanitiaan  lokal   baik untuk tahapan SPAN-UM PTKN maupun  Jalur Mandiri, untuk jadwal SPAN dan UM-PTKN kita mengikuti  sesuai jadwal Nasional  yakni Pengisian PDSS mulai tanggal 7 s.d  28 Februari 2022, Pendaftaran  Calon Mahasiswa  pada tanggal 4- 31 Maret 2022 Pengumuman Hasil  Seleksi 15 April 2022 Jalur SPAN link pendaftaran span-ptkin.ac.id, untuk Jalur  UM PTKIN  pendaftaran dibuka  pada tanggal 25 April- 4 Juni 2022  dengan link pendaftaran um-ptkin.ac.id dan untuk Jadwal mandiri  tanggal 6 Juni -08 Juli 2022 link pendaftaran pmb.iainsasbabel.ac.id," ungkap Kusnadi.

Kegiatan BMGTS ini bertujuan untuk mensosialisasikan kampus IAIN SAS Bangka Belitung ke sekolah-sekolah dan menyampaikan bahwa acara sosialisasi ini adalah salah cara untuk mengenalkan kampus IAIN SAS Bangka Belitung serta memberikan motivasi bagi siswa/wi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi agar memudahkan mendapatkan informasi untuk memilih jurusan ataupun program studi sesuai dengan kemampuan.

Mahasiswa Bidikmisi KIP-K IAIN SAS Bangka Belitung telah mengunjungi sekolah-sekolah yang berada di Bangka Selatan  dan melakukan Sosialisasi terkait penerimaan mahasiswa baru. Diantaranya ada 4 sekolah yang sudah melakukan sosialisasi secara tatap muka  yaitu, MA Nurul Iman Permis, SMKN 1 Toboali, SMAN 1 Simpang Rimba, dan SMAN 1 Pulau Besar. Dalam sosialisasi ini menjelaskan bahwa jalur PMB sebagaimana biasa ada 3 jalur; Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Jalur Ujian Masuk PTKIN (UM-PTKIN) dan Jalur Ujian Masuk Mandiri (UM-Mandiri).

Erik Juliawan, selaku koordinator wilayah BMGTS Bangka Selatan, mengatakan: "Harapan saya dan tim semoga dengan terlaksananya sosialisasi PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) di Kabupaten Bangka Selatan ini, dapat menjadi dorongan, motivasi serta semangat para siswa dan siswi untuk masuk ke perguruan tinggi.

Untuk memotivasi para siswa agar melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi, perlu dilakukan sosialisasi, antara lain menyampaikan informasi tentang program studi, proses perkuliahan serta penjelasan mekanisme pendaftaran kuliah bagi calon mahasiswa baru kemudian acara diakhiri dengan diskusi tanya jawab dengan para peserta, ujarnya.

Untuk sosialisasi di Bangka Selatan sendiri, sudah dimulai pada hari Selasa (22/2/2022). Ada 20 sekolah yang suda di sosialisasikan. Namun ada  beberapa sekolah yang tidak bisa disosialisasikan secara tatap muka langsung, sehingga mahasiswa BGMTS menyerahkan brosur yang nantinya bisa dibagikan ke siswa langsung oleh gurunya dan juga spanduk yang langsung dipasang di sekolah.

"Alhamdulillah, kami dan tim BMGTS (Bidikmisi KIP-K Goes To Scholl) sudah berusaha semaksimal mungkin mensosialisasikan yang terbaik mengenai penerimaa mahasiswa baru IAIN SAS Bangka Belitung tahun 2022, khususnya ke setiap sekolah yang ada di Kecamatan dan Kabupaten Bangka Selatan itu sendiri." Ucap Erik.

 

 

(Penulis: Meilani dan Tong Hari/Ayaknan | Editor: H. Ika Robiantari)