Peringati Hardiknas, DEMA FDKI IAIN SAS Babel Sukses Gelar Seminar Online Pendidikan

avatar Tong Hari
Tong Hari
Peringati Hardiknas, DEMA FDKI IAIN SAS Babel Sukses Gelar Seminar Online Pendidikan

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (DEMA FDKI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik  Bangka Belitung telah menyelenggarakan Seminar Online Pendidikan dengan tema "Menguatkan Pendidikan di Era New Normal Dalam Mewujudkan Mutu Pendidikan Serta Menumbuhkan Generasi Berkarakter Pancasila"  yang dilaksanakan pada Minggu (2/5/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual via Google Meet. Moderator dipimpin oleh Ika Agustin Rahayu sedangkan Ketua Pelaksananya yakni Septio dan juga para mahasiswa lainnya yang ikut andil dalam kegiatan ini. Semuanya adalah mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN SAS Babel.

Seminar online ini terbuka untuk umum. Para mahasiswa dan pihak lainnya cukup antusias dalam kegiatan ini bahkan peserta yang berpartisipasi ada yang dari luar Bangka Belitung. Dalam seminar online ini menghadirkan narasumber yang berpengalaman dalam dunia pendidikan dan juga alumni Pascasarjana(S2) IAIN SAS Babel yakni Amsori, M. Pd.

Amsori menyampaikan banyak yang harus direfleksikan pada momentum Hardiknas terutama hal-hal yang menyangkut kualitas dan sistem pendidikan di Indonesia. "Tujuan diselenggarakannya seminar online ini, agar mahasiswa mengetahui sejauh mana capaian kurikulum dan sistem pendidikan di Indonesia," kata Amsori. Saat ini adalah era 4.0., sebuah era yang ditandai dengan datangnya Pandemi Covid-19 dan secara nyata mampu membuat lumpuh berbagai sektor. Salah satu yang terdampak adalah sektor pendidikan. Corona telah menyebabkan dunia pendidikan diliburkan, Kampus libur, Sekolah juga libur. Maka, agar selalu sehat dan tidak terpapar Covid-19, aktifitas pendidikan dilakukan di rumah. Work From Home (WFH) telah menjadi “solusi terbaik” agar aktivitas pendidikan terus berjalan.

Acara ini merupakan program kerja DEMA FDKI Divisi Pendidikan dan Kebudayaan. Yang mana dilaksanakan bertepatan dengan hari pendidikan nasional yang bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran diri dan memperkuat Pendidikan ditengah pandemi Covid-19 dan mengembangkannya secara positif dalam menumbuhkan karakter Pancasila.

Septio selaku ketua pelaksana kegiatan ini mengharapkan agar para peserta mendapat wawasan dan ilmu baru yang berguna yang dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Dan ia juga mengatakan selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2021, dengan pendidikan mari kita membuka pikiran dan mencari cakrawala pengetahuan. "Saya berharap agar para peserta mendapat wawasan, ilmu baru yang berguna dan kita aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Saya pribadi juga mengucapkan selamat Hari Pendidikan Nasional, dengan pendidikan mari buka pemikiran kita dan carilah cakrawala pengetahuan." Pungkas Septio.

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan & Ghiffari | Editor: H. Ika Robiantari)