Dosen IAIN SAS Bangka Belitung Terbitkan Buku Baru

avatar Tong Hari
Tong Hari
Dosen IAIN SAS Bangka Belitung Terbitkan Buku Baru
Buku Karya Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag. dan kawan-kawan. Penerbit Madania Center Press Tahun 2020

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Dosen sebagai pendidik yang profesional dengan tugas Tridharma Perguruan Tinggi termasuk mengembangkan dan memperluas ilmu pengetahuan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menulis dan terus berupaya menghasilkan karya ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, buku dan artikel jurnal yang bermanfaat untuk menjadi referensi keilmuan bagi dunia pendidikan maupun masyarakat luas.

Dosen IAIN Syaikh Abddurrahman Siddik Bangka Belitung, Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag. dan kawan-kawan telah menulis 4 (empat) buku karya ilmiah yang diterbitkan oleh Madania Center Press pada tahun 2020 yaitu: 

  1. Kiprah Polda Bangka Belitung Di Tengah Pandemi: Menuju Masyarakat Tegap Mandiri.
  2. Memimpin Di Tengah Pandemi: Sosok Kepemimpinan dan Peran Irjen Pol. Drs. Anang Syarif Hidayat
  3. Masjid Agung Sungailiat dalam Lintasan Sejarah
  4. Nurul Jadid Antara Idealisme & Pragmatisme Menguak Hakikat Ruh, Tradisi dan Manajemen Pondok Pesantren

Kami mengharapkan buku ini bukan hanya menjadi referensi dalam dunia akademik tapi juga masyarakat pada umumnya. Selanjutnya ke depan kami terus berusaha, berinovasi, berkarya, dan berkreasi dalam mewujudkan tatanan Tridharma Perguruan Tinggi. Sekarang ini bukan lagi istilahnya bersaing tapi berkolaborasi, sehingga dalam meningkatkan mutu akademik perguruan tinggi dosen-dosen pun diharapkan mampu berkolaborasi untuk menciptakan karya yang bermanfaat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara, jelasnya.

Rusydi yang juga menjabat Wakil Rektor I IAIN SAS Bangka Belitung telah menuliskan karya buku yang sangat bermanfaat. Beliau berharap hasil kolaborasi tersebut dapat menginspirasi dan memberi pelajaran bukan hanya dalam kalangan akademisi tapi juga secara umum. Semoga beliau dapat terus berkarya untuk mencerdaskan bangsa dan untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

 

Profil: Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag., lahir di Pangkalpinang, 5 Januari 1966, anak tertua dari seorang ayah tercinta H. Sulaiman bin H. Achmad dan ibu Djamaidah binti H. Dja’far. Ia mengawali pendidikan dasarnya di SD Negeri 1 Pangkalpinang sambil mendalami ilmu agama di Sekolah Arab Setia Utama Pangkalpinang. Setelah sempat mengenyam pendidikan dan belajar berorganisasi di beberapa pesantren di pulau Jawa, seperti Pondok Pesantren Walisongo (Muallimin, 1979), Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo (lulus, 1985) dan Ponpes Nurul Jadid Paiton Probolinggo (15 Juni 1987 s.d 1995) dan muqim di beberapa pesantren lain. Penulis mengabdi sebagai guru di KMI Gontor (1 tahun) dan beberapa tahun di Nurul Jadid, MTsNJ, MANJ, SMANJ, LPBANJ, MAN Paiton, MAPKNJ, Ma’had ‘Aly, serta beberapa lembaga pendidikan di Situbondo, Bondowoso dan Jember.  

Setelah menyudahi Pendidikan Jenjang Strata-1 di Fak. Dakwah Jur. BPM IAI Nurul Jadid Paiton Probolinggo (lulus, 1991), Strata-2 di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta (lulus, 1997) dan Strata-3 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (lulus, Januari 2008). Penulis mengabdi di beberapa perguruan tinggi sejak 1991; IAI Nurul Jadid Paiton Probolinggo, IKIP PGRI Jember, STAI Al-Amin Jember, STAIN Bengkulu, Pascasarjana MMP UNIB Bengkulu, UT Bengkulu, Pascasarjana STAIN Bengkulu, Pascasarjana IAI Nurul Jadid. Sejak 1 Januari 2011 mutasi ke STAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung--saat ini telah menjadi IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung sebagai dosen saat ini sebagai Ketua 1 Yayasan Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja, Direktur Madania Center Prov. Kep. Bangka Belitung, Pengurus Badan Wakaf Pondok Pesantren Darul Abror Kace, Ketua Majelis Mustasyar DMI Pangkalpinang dan pengurus MUI Prov. Kep. Bangka Belitung, dan Wakil Rektor Bid. Akademik dan kelembagaan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Dan Ketua Bidang Fatwa dan Penelitian MUI Prov Bangka Belitung.

Sebagai akademisi, penulis menghasilkan karya ilmiah berupa beberapa buku, hasil penelitian, jurnal ilmiah, artikel proceeding, artikel prolog, artikel dalam buletin dan majalah, makalah seminar dan artikel koran, dan editor buku serta aktif sebagai narasumber di beberapa forum seminar dan konferensi serta sedikit pengalaman ke beberapa negara; Partnership for Schools, Citizen Exchange Program between The United States and Indonesia by East-West Center in Honolulu Hawai and New-York USA (November-desember 2008), lawalatan ilmiah ke UUM Kedah dan IIUM Kuala Lumpur Malaysia (Desember 2008), dan Refresher Program for Lecture Diktis Kemenag RI to ANU (Australian National University) Canberra Australia (Desember 2011-Januari 2012). 

Penulis memiliki seorang istri bernama Quratul Faisah, S.Ag dan dikaruniai empat orang anak Firdaus Fairus Islami (almarhum), Shofia Fairus Islami (Ovi), Iffan Fairus Islami (Ivan), dan Alfi Anwari Fairus Islami (Alvi). Saat ini tinggal di Kace Darussalam, Dusun 1 RT.001 RW.001 (Barat SPBU Kace) Kace Mendo Barat Bangka Prov. Kep. Bangka Belitung. Email: abirusydi@yahoo.co.id

(Penulis:Tong Hari/Ayaknan | Editor: Turmuzi)