Gandeng Mahasiswa Formasi KIP-K, Tim Sosialisasi PMB IAIN SAS Babel Sasar Sekolah di Belitung

avatar Tong Hari
Tong Hari

181 x dilihat
Gandeng Mahasiswa Formasi KIP-K, Tim Sosialisasi PMB IAIN SAS Babel  Sasar Sekolah di Belitung
Bidikmisi KIP-K Goes to School Sosialisasi di Belitung



IAINSASBABEL.AC.ID - Belitung. Sebagai salah satu bentuk sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung bersama mahasiswa Formasi KIP-K IAIN SAS Bangka Belitung dan Himpunan Mahasiswa Belitung (HMB) yang kuliah di IAIN SAS Babel  lakukan kunjungan dan pemasangan spanduk di beberapa Sekolah di Belitung, spanduk berisi tentang informasi penerimaan mahasiswa baru. Kegiatan sosialisasi ini diberi nama Bidikmisi KIP-K Goes to School (BMGTS).

Kegiatan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru ini disambut baik kepala sekolah, dewan guru ‎dan para siswa-siswi. Acara berjalan dengan baik, tertib dan lancar. Terlihat antusiasme para ‎siswa pada saat Panitia PMB IAIN SAS Babel yang bertugas menjelaskan keuntungan-keuntungan ‎yang dapat diperoleh oleh para siswa yang masuk di IAIN SAS Babel di antaranya adalah ragam ‎beasiswa yang disediakan oleh kampus.‎

Adapun sasaran yang dituju MA/SMA/SMK/ Pesantren  Kabupaten Belitung. Di antaranya sudah empat sekolah yang sudah terlaksana sosialisasi yang dimana terdapat 2 sekolah sosialisasi secara tatap muka yaitu SMA Muhammadiyah Tanjung Pandan dan MAN 1 Belitung. Mahasiswa BMGTS juga menyerahkan brosur yang nantinya bisa dibagikan ke siswa langsung oleh gurunya dan juga spanduk yang langsung dipasang di sekolah.

Selaku koordinator wilayah BMGTS Belitung  Yaknes Yuliana Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kampus IAIN SAS Bangka Belitung ke sekolah-sekolah dan menyampaikan bahwa acara sosialisasi ini adalah salah cara untuk mengenalkan kampus IAIN SAS Bangka Belitung serta memberikan motivasi bagi siswa/wi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi agar memudahkan mendapatkan informasi untuk memilih jurusan ataupun program studi sesuai dengan kemampuan.

Adapun sosialisasi yang di lakukan yaitu penyampaian jalur pendaftaran yang bisa dilakukan yaitu jalur pendaftaran SPAN PTKIN, UM-PTKIN dan Mandiri. Tidak hanya terkait dengan PMB saja yang disampaikan tetapi informasi kampus yang lain seperti Prodi, Fakultas, UKT, Prospek kerja lulusan dari setiap Prodi, ukk, fasilitas, kampus, serta prestasi mahasiswa IAIN.

Di lain tempat, Koordinator Penerimaan Mahasiswa Baru  Kusnadi, S.Kom., M.M Terkait dengan Penerimaan Mahasiswa Baru tahun Akademik 2022/2023,  IAIN SAS Bangka Belitung  sudah menyiapkan kepanitiaan  lokal  baik untuk tahapan SPAN-UM PTKN maupun  Jalur Mandiri, untuk jadwal SPAN dan UM-PTKN kita mengikuti  sesuai jadwal Nasional  yakni Pengisian PDSS mulai tanggal 7 s.d  28 Februari 2022, Pendaftaran  Calon Mahasiswa  pada tanggal 4- 31 Maret 2022, Pengumuman Hasil  Seleksi 15 April 2022. Jalur SPAN link pendaftaran span-ptkin.ac.id, untuk Jalur  UM PTKIN  pendaftaran dibuka  pada tanggal 25 April- 4 Juni 2022  dengan link pendaftaran um-ptkin.ac.id dan untuk Jadwal mandiri  tanggal 6 Juni -08 Juli 2022, link pendaftaran pmb.iainsasbabel.ac.id," ungkap Kusnadi.

 

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan | Editor: H. Ika Robiantari)