IAIN SAS BABEL Pilih Duta Bahasa Kampus

avatar Administrator
Administrator
IAIN SAS BABEL Pilih Duta Bahasa Kampus

Bangka, 6/3/2020. Pemilihan Duta Bahasa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Bahasa (UPTB) yang pertama di tahun ini bertujuan untuk mengikutsertakan Duta Bahasa Kampus dalam mengembangkan IAIN SAS Babel dan dapat menjadi contoh bagi mahasiswa lainnya. Grand Final Duta Bahasa ini berlangsung di Aula Gedung Terpadu IAIN SAS Babel, Jumat (06/03).

Banyaknya antusiasme dari mahasiswa-mahasiswi IAIN dapat dilihat dari keikutsertaannya dalam mengikuti ajang ini, sampai ke Grand Final ada 19 peserta yang terdiri dari semua fakultas di IAIN SAS Babel. Pada pemilihan Duta Bahasa pertama ini, terdapat tiga juri yang kompeten, diantaranya Dr. Janawi, M.Ag., Basri, S.Ag., M.A., dan Primalita Putri Distina, M.Psi., Psikolog. “Prestasi bukan hanya menang. Prestasi bisa hadir karena pemberdayaan. Pemberdayaan bisa hadir karena adanya Niat. Niat hadir karena kita ingin semuanya menjadi yang terbaik bagi kampus kita tercinta”, ungkap ketua panitia Duta Bahasa, Yuda Pratama.

Dalam sambutannya, Basri, S.Ag., M.A. Kepala UPTB mengatakan bahwa kita harus dapat bersaing secara global dalam kancah internasional, “kita boleh berada di kampung, tapi jangan kampungan. Kita boleh berada di hutan, tapi jangan jadi orang hutan. Berpikirlah global agar dapat berwawasan global dan dapat bersaing secara global di kancah internasional”.

Mahasiswa adalah pecetak prestasi bagi kampus, seperti apa yang dikatakan Rektor Dr. Zayadi, M.Ag. dalam sambutan sekaligus membuka acara, “eksistensi dan keberadaan IAIN SAS Babel dapat diketahui dan diakui melalui prestasi yang tidak hanyaditentukan oleh kinerja tenaga kependidikan dan tenaga pendidik saja, tetapi potensi yang besar dalam mencetak prestasi kampus yang paling besar pengaruhnya adalah lahir dari Mahasiswa”.

Lima besar Duta Bahasa IAIN SAS Babel bersaing sengit dalam menjawab pertanyaan dari para dewan juri, mereka menyampaikan gagasan dan pemikirannya secara singkat tentang bahasa daerah, Bahasa Indonesia, Bahasa Asing dan lain sebagainya.Sebelumnya para finalis telah mengikuti serangkaian tahapan seleksi mulai dari pemahaman materi dan wawancara, karantina hingga unjuk bakat. ”Ada beberapa aspek yang dinilai oleh ketiga juri, yaitu sikap, kepercayaan diri, pemahaman materi, tanggung jawab dan kompetitif”, ujar Primalita.

Tak kalah menariknya, Grand Final Pemilihan Duta Bahasa IAIN SAS Babel ini diketuai langsung oleh Pemenang 1 Duta Bahasa Prov. Kep. Bangka Belitung. “jangan tanyakan apa yang telah kampus berikan kepada kita, tapi tanyakanlah apa yang telah kita berikan bagi kampus”, tambahnya.

Para pemenang 1, 2 dan 3 Duta Bahasa IAIN SAS Babel secara berturut-turut adalah Ika Agustin Rahayu (PI), Ita Nurlita (BKI) dan Tami Safitri (PAI). Sedangkan yang terpilih sebagai Duta Persahabatan adalah Riyadi Pratama (TBI), Duta Berbakat adalah Mia Hanipa (PI) dan Duta Terfavorit adalah M. Arib Fadlan (KPI).

Penulis : Mega Parayannie / Ayaknan

Editor : Turmuzi