IAIN SAS BANGKA BELITUNG Buka 12 Prodi di Jalur Seleksi Prestasi PTKIN Tahun 2021

avatar Tong Hari
Tong Hari
IAIN SAS BANGKA BELITUNG  Buka 12 Prodi di Jalur Seleksi Prestasi PTKIN Tahun 2021
Logo SPAN-UM PTKIN 2021

IAINSASBABEL.AC.ID. - BANGKA. IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung telah membuka pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). Pendaftaran calon mahasiswa baru melalui jalur SPAN-PTKIN tahun akademik 2021/2022 tidak dikenakan biaya pendaftaran alias gratis karena biayanya sudah ditanggung pemerintah. Berikut informasi terkait tanggal-tanggal penting Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN Tahun 2021:

Pengisian & Verifikasi PDSS: 19 Januari – 17 Februari 2021
Pendaftaran: 19 Februari – 15 Maret 2021
Seleksi Tahap I: 19 – 23 Maret 2021
Seleksi Tahap II : 25 – 29 Maret 2021
Pengumuman Hasil Seleksi : 5 April 2021

Dilansir dari laman span-ptkin.ac.id, proses pendaftaran calon mahasiswa diawali dengan pengisian Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) yang mulai dibuka pada 19 Januari-17 Februari 2021. Setelah itu data akan diverifikasi oleh panitia di waktu yang sama sesuai unggahan.

Setelah selesai tahap verifikasi, selanjutnya sekolah memberikan akun SPAN-PTKIN kepada siswa untuk mendaftar secara online sesuai jadwal pedaftaran yang sudah ditentukan. Sementara proses seleksinya dilakukan dalam dua tahap. Ketentuan lain dalam seleksi ini yaitu calon mahasiswa hanya dibolehkan memilih satu program studi di dua PTKIN atau dua program studi di satu PTKIN. Adapun Program Studi yang di tawarkan di IAIN SAS Babel terdiri dari  :

Fakultas  Tarbiyah 

  1. Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI),
  2. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD),
  3. Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI),
  4. Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),
  5. Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI).

Fakultas  Dakwah dan Komunikasi  Islam

  1. Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI),
  2. Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI),
  3. Prodi Psikologi Islam (PI),
  4. Prodi Jurnalistik Islam (JI).

Fakultas  Syariah dan Ekonomi Islam

  1. Prodi Perbankan Syariah (PS),
  2. Prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah),
  3. Prodi Akuntansi Syariah (AKS).

 

IAIN SAS Babel akan lakukan sosialisasi dan promosi secara optimal sedini mungkin melalui mahasiswa, fakultas dan institusi, karena akan ada penambahan kuota yang lebih signifikan dengan sebaran yang merata dari seluruh program studi. Lebih lanjut Wakil Rektor I Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag. mengatakan IAIN SAS Babel ingin penerimaan melalui SPAN-PTKIN tahun ini lebih baik dan berusaha memperbaiki kualitas kelembagaan yang sudah bertranformasi dari STAIN menjadi IAIN.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama. Adapun biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Sesuai ketentuan, pelaksanaan SPAN-PTKIN secara nasional yang diikuti oleh seluruh PTKIN harus memenuhi prinsip adil, transparan, dan tidak diskriminatif dengan tetap memperhatikan potensi calon mahasiswa dan kekhususan PTKIN.

Informasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN dapat diakses melalui laman www.iainsasbabel.ac.id, Instagram di @iainbabel, Facebook di @iainsasbabel dan Twitter di @iainsasbabel. [tmz]