IAIN SAS Bangka Belitung Siap Sukseskan dan Berprestasi di PESONA I PTKN di Bandung

avatar Tong Hari
Tong Hari

21 x dilihat
IAIN SAS Bangka Belitung Siap Sukseskan dan Berprestasi di PESONA I PTKN di Bandung

IAINSASBABEL.AC.ID - Bangka. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung siap berpartisipasi mengikuti kegiatan Pekan Seni dan Olahraga Nasional (Pesona) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) se-Indonesia tahun 2022. Kegiatan ini akan digelar di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati, Bandung, Jawa Barat pada bulan Agustus mendatang. Sebanyak 62 PTKN akan mengikuti kompetisi antar mahasiswa yang digelar dua tahunan tersebut.

Wakil Rektor III Dr.H.Muh .Misdar,M.Ag  mengatakan, pihaknya telah menetapkan langkah-langkah persiapan dengan membentuk tim seleksi pada bidang seni dan olahraga.

Cabang lomba yang akan diikuti pada bidang seni antara lain Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Putra, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Putri, Musabaqah Hifzhil Qur'an (MHQ) 10 Juz Putri, Musabaqah Hifzhil Qur'an (MHQ) 30 Juz Putri, Musabaqah Syahril Qur'an (MSQ) Beregu, Pop Lagu Islami, Puitisasi Al-Qur'an, Monolog, Film Pendek, Kaligrafi Naskah, Kaligrafi Dekorasi, Kaligrafi Lukis.

Sedangkan pada bidang olahraga antara lain  Tenis Meja Tunggal Putra, Tenis Meja Tunggal Putri, Catur Klasik Putra, Catur Klasik Putri, Catur Cepat Putra, Catur Cepat Putri, Pencak Silat (Seni) Tunggal Putra, Pencak Silat (Seni) Tunggal Putri, Karate (Seni/Kata) Tunggal Putra, Karate (Seni/Kata) Tunggal Putri, Taekwondo (Poomsae) Tunggal Putra, Bulu Tangkis Tunggal Putra, Bulu Tangkis Ganda Putra, dan Panjat Dinding Lead Putri.

“Karena ini kompetisi nasional maka kami mewajibkan peserta untuk mengikuti pembinaan intensif agar peserta lebih siap menghadapi pesaingnya yang datang dari seluruh Indonesia,” ujarnya.

Pihaknya telah menunjuk pembina untuk melakukan monitor terhadap pelatihan dan kesiapan peserta pada semua aspek terutama yang termasuk dalam kategori penilaian lomba.

“Target kita bisa boyong medali, tetapi yang lebih penting kegiatan ini menjadi wadah untuk mereka mengasah potensi diri, jiwa sportifitas, menambah pengalaman, serta memperluas jaringan pertemanan yang akan bermanfaat bagi masa depan mereka,” tambahnya.

Kegiatan Pesona di UIN Bandung merupakan kegiatan kompetisi perdana bidang seni dan olahraga antar mahasiswa PTKN se-Indonesia semenjak pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendikan Tinggi Keagamaan Islam ini menggelar 22 cabang lomba.

Pesona merupakan transformasi dari kegiatan Pekan Ilmiah Olah Raga dan Seni dan Riset (PIONIR) yang terakhir kali diselenggarakan pada tahun 2019 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur. Sedianya kegiatan Pesona akan digelar pada tahun 2021 namun tertunda karena tingginya kasus Covid-19.

Pelaksanaan lomba akan menerapkan metode blended daring dan luring dengan pengawasan protokol kesehatan yang ketat kepada semua pihak yang terlibat dalam event skala nasional tersebut.

Penulis : Ayaknan

Editor : Ika Robiantari