KKN Melayu Serumpun PTKIN Se-Sumatera Ke- IV Berakhir, Mahasiswa IAIN SAS Babel Raih Empat Penghargaan

avatar Tong Hari
Tong Hari

97 x dilihat
KKN Melayu Serumpun PTKIN Se-Sumatera Ke- IV Berakhir, Mahasiswa IAIN SAS Babel Raih Empat Penghargaan
Mahasiswa IAIN SAS Babel Raih Empat Penghargaan


IAINSASBABEL.AC.ID BANGKA. Sepuluh mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik (SAS) Bangka Belitung yang mengikuti KKN Melayu Serumpun PTKIN Se-Sumatera Ke- IV Tahun 2023 yang berlangsung di IAIN Metro, Lampung selama 40 hari telah berakhir dan mereka kembali ke kampus Dan  Penganugarehan kepada kelompok pemenang di umumkan di Gedung Serba Guna IAIN Metro, rabu  (30/8/2023)lalu.

Para mahasiswa IAIN SAS Babel yang berada di IAIN Metro dijemput langsung oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) Mursyidul Wildan, M.H,  Kepala Pusat Pengabdian IAIN SAS Babel, Dr.Noblana Adib, M.Pd.I,M.A  didampingi Panitia KKN Melayu Nelly Sanawiyah M.M dan Abdul Karim Syuhada.

Delegasi Mahasiswa IAIN SAS Babel yang terdiri dari Sandri, Dewi Kurniasari, Nadia Wulan Agatha (Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam) Maulana Hidayat, Ibnu Ubaidillah, Hesti, (Pendidikan Agama Islam) Yolani, Tria Wahyuni, Fara Fajria Azzahra (Psikologi Islam,) Aliana ( Akuntansi Syariah)

Adapun empat kategori yang berhasil diraih yaitu Terbaik I Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Terbaik I & 2 Karya Inovatif, Terbaik 1 Viewers Terbanyak. Prestasi Membanggakan berhasil diraih dari kelompok yang di isi oleh Mahasiswa IAIN SAS Babel yaitu Kelompok 49 Desa Banjaran yaitu Sandri (BKPI) & Hesti (PAI) yang mana kelompok 49 Desa Banjaran ini berhasil meraih 2 penghargaan yaitu Terbaik 1 Penulisan Karya Tulis Ilmiah & Terbaik 2 Karya Inovatif.

Kelompok 49 Desa Banjaran ini untuk kategori Penulisan Karya Tulis Ilmiah mengangkat judul Integrasi Sosial Melalui Kearifan Lokal Suku Jawa Seni Tari Kuda Kepang di Desa Banjaran Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran.

Sedangkan untuk kategori Karya Inovatif mereka menginisiasi pembuatan Kerupuk Kulit Kakao (Cokelat) yang diberikan nama brand KULLO.

Prestasi juga diraih dari Kelompok 48 Desa Umbul Limus yang salah satu anggotanya juga ada Mahasiswa IAIN SAS Babel yaitu Fara Fajria Azzahra (Psikologi Islam), mereka berhasil meraih penghargaan kategori Karya Inovatif dengan berhasil keluar sebagai terbaik I

Di kategori karya inovatif ini mereka bikin website desa. Tak kalah menarik juga, Kelompok 50 Desa Gayau juga berhasil meraih penghargaan Terbaik 1 kategori Vidio Viewers Terbanyak yang juga diisi oleh Mahasiswa IAIN SAS Babel atas nama Maulana Hidayat (PAI)dan Yolani (Psikologi Islam).

Mursyidul Wildan, M.H selaku Dosen Pembimbing Lapangan dari IAIN SAS Babel sangat mengapresiasi atas empat kategori penghargaan yang didapatkan oleh mahasiswa nya. Sebagai pembimbing dan pelaksana di lapangan kami mengucapkan terima kasih kepada Rektor IAIN SAS Babel , Dr .Irawan, M.S.I dan kepala LPPM Dr. Suparta juga  Sekretaris LPPM Oktarizal Darianus. M.Ps.I yang sudah mensupport kegiatan sejak awal dan Ikut serta mengantar mahasiswa hingga lokasi.

Sandri selaku perwakilan dari kelompok 49 Desa Banjaran yang memenangkan 2 kategori penghargaan menyampaikan bahwasanya ini hasil kerja keras, kerjasasama yang dilakukan oleh anggota kelompok. Allhamdulilah usaha yang dilakukan membuahkan hasil yang sangat memuaskan apalagi bisa memenangkan 2 kategori penghargaan sekaligus, tutup Sandri (*)

Penulis : Sandri