Kolaborasi Formasi KIP-K IAIN SAS Babel dan UBB, Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

avatar Mega Paraiyannie
Mega Paraiyannie
Kolaborasi Formasi KIP-K IAIN SAS Babel dan UBB, Santuni Anak Yatim dan Dhuafa

Sambutan Rektor IAIN SAS Babel
Sambutan Rektor IAIN SAS Babel

Foto Bersama Pemenang Lomba
Foto Bersama Pemenang Lomba

Juara Umum Perlombaan, Panti Asuhan Aisyiyah
Juara Umum Perlombaan, Panti Asuhan Aisyiyah

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Acara puncak di Bulan Ramadhan dari Forum Mahasiswa Bidikmisi KIP-K Bangka Belitung, Gebyar Ramadhan II yang dilaksanakan pada Minggu, 2 Mei 2021 di Aula Gedung Terpadu IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor IAIN SAS Babel Dr. Zayadi, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. H. Janawi, M.Ag., Pembina Formasi KIP-K IAIN SAS Babel Kusnadi, S.Kom., M.M., Penanggung Jawab Bidikmisi KIP-K Bangka Belitung Abdul Rohman, S.E., Ketua Formasi KIP-K IAIN SAS Babel Arro'i, dan para anggota Formasi KIP-K IAIN SAS Babel.

Berbagai rangkaian acara telah dilaksanakan sebelum acara puncak Gebyar Ramadhan II, yaitu Penggalangan Dana yang berlokasi di Kecamatan Sungailiat selama dua hari dan Kota Pangkal Pinang selama tiga hari, Lomba Shalawat dan Lomba Busana Muslim yang juga dilaksanakan dihari yang sama dengan acara puncak Gebyar Ramadhan II. Kegiatan Gebyar Ramadhan II bertema "Ramadhan CERIA (Cerdas, Edukatif, Religius, Inovatif, Aktif) bersama Anak Yatin dan Dhuafa".

Peserta Lomba Sholawat dan Busana Muslim berasal dari enam Panti Asuhan di Pangkal Pinang yaitu Panti Asuhan Al-Khoiriyah, Nur-Rahman, Ad-Duha, Al-Ikhlas, Muhammadiyah dan Aisyiyah, dengan jumlah 30 peserta lomba dan dihadiri tidak lebih dari 50 orang mengingat pandemi COVID-19 masih melanda Indonesia, khususnya Bangka Belitung. Pemenang Lomba Sholawat adalah: Juara 1 Panti Asuhan Nur-Rahman, Juara 2 Panti Asuhan Aisyiyah, Juara 3 Panti Asuhan Muhammadiyah. Sedangkan pemenang Lomba Busana Muslim adalah: Juara 1 Rafi Panti Asuhan Muhammadiyah, Juara 2 Anisa Panti Asuhan Aisyiyah, Juara 3 Anggun Panti Asuhan Al-Khoiriyah. Juri perlombaan berasal dari Mahasiswa Bidikmisi yang berpengalaman dibidangnya, adalah  Meylani dan Hutri sebagai Juri Perlombaan Sholawat, sedangkan Muzari dan Sinta menjadi Juri Busana Muslim. Panti Asuhan Aisyiyah menjadi Juara Umum dalam Perlombaan yang diadakan Gebyar Ramadhan II kali ini.

Ketua Pelaksana Gebyar Ramadhan II, Siti Nur Aisyah mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya Gebyar Ramadhan II ini adalah sebagai bentuk kepedulian Forum Bidikmisi dan KIP Kuliah Bangka Belitung kepada masyarakat dengan diisi dengan mengadakan kegiatan yang bermanfaat untuk semua, seperti perlombaan, buka bersama, penggalangan dana dan santunan bagi anak Yatim dan Kaum Dhuafa. "Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut berpartisipasi dalam mensukseskan acara Gebyar Ramadhan II ini. Semoga tahun depan Gebyar Ramadhan diadakan dengan lebih meriah lagi, lebih besar lagi dan lebih banyak anak panti asuhan yang dapat diundang", tambahnya.

Abdul Rohman, S.E. mengingatkan seluruh peserta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker. Abdul memberikan waktu kepada peserta yang belum menggunakan masker sebelum melanjutkan sambutan.  Setelah sambutan-sambutan, acara diisi dengan Tausiyah dari Ust. Indra Yaseen, S.Pd. Juga ada hiburan dari Zainul Basyar dan Mahabarur Rasul. Acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan memberikan santunan kepada anak yatim dan dhuafa yang hadir di acara Gebyar Ramadhan II.

Pembina Formasi KIP-K IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mengaku bangga dengan adanya acara Gebyar Ramadhan II yang diadakan oleh Formasi KIP-K Bangka Belitung. Beliau berharap kegiatan yang memberikan dampak positif ini terus dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya, tidak hanya pada bulan Ramadhan saja. Kusnadi percaya Formasi KIP-K Bangka Belitung dapat membuat acara Nasional yang tidak kalah dengan PTKIN lainnya.

 

(Penulis: Mega Paraiyannie)