Mahasiswa KKN Kelompok 34 IAIN SAS Babel Hadiri Pengukuhan Anggota Baru Saka Bahari SMAN I Lepar Pongok

avatar Tong Hari
Tong Hari

182 x dilihat
Mahasiswa KKN Kelompok 34 IAIN SAS Babel Hadiri Pengukuhan Anggota Baru Saka Bahari SMAN I Lepar Pongok
Mahasiswa KKN Kelompok 34 IAIN SAS Babel Hadiri Pengukuhan Anggota Baru Saka Bahari SMAN I Lepar Pongok


IAINSASBABEL.AC.ID Bangka,22/9/2022. Inspektur Upacara Bapak Peltu Budi Krisanto selaku komandan Pos TNI AL Toboali menjadi Pembina Upacara pada kegiatan pengukuhan anggota baru saka bahari SMA N 1 Lepar Pongok di Pantai Lampu desa Tanjung Labu, Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan. (Rabu, 21/09/2022).

Acara pelantikan ini digelar oleh pembina pramuka SMA N 1 lepar pongok beserta jajarannya. Adapun Acara Saka Bahari ini dilaksanakan  selama 3 hari 2 malam, mulai pada Hari Rabu-Jumat tanggal  21-23 september 2022.

Agenda kegiatan ini bertujuan untuk melatih kedisplinan, kemandirian, tanggung jawab serta untuk menjalin silahturrahmi antar anggota. Dalam acara pelantikan ini terdapat 16 peserta pramuka yang akan dilantik menjadi  pramuka penegak tingkat Bantara.

Pada proses pengukuhan pengurus Saka bahari ini  diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian pemasangan kacu oleh Irup Pinsaka Bahari kepada anggota baru pramuka.

Upacara pembuka pengukuhan pramuka saka bahari turut di hadiri juga oleh anggota polisi, TNI AL, para guru SMA N 1 Lepar Pongok serta mahasiwa IAIN SAS Babel yang sedang melaksanakan KKN di desa Tanjung Labu. Para mahasiswa IAIN SAS Babel juga ikut serta dalam upacara pelantikan para anggota baru Saka Bahari.

Pembina upacara Peltu Budi Krisanto selaku Komandan Pos TNI AL Toboali ini memberikan arahan dan semangat kepada para anggota Saka Bahari. "Kami ucapkan selamat dan semangat dalam menjalankan kegiatan dan kewajiban nantinya selama menjadi anggota saka bahari." Ujar Budi.

Selama acara pelantikan berlangsung para peserta dan jajarannya mengikuti sesuai instruksi oleh pemimpin upacara yang dipimpin langsung oleh salah satu anggota penegak tingkat Bintara yaitu Peri pratama.

Ia dengan sikap tegasnya memimpin upacara pelantikan ini. Sehingga upacara pelantikan ini bisa berjalan dengan lancar sesuai keinginan.

Acara ini di akhiri dengan menyanyikan lagu hymne Pramuka oleh seluruh peserta upacara, setelah itu   di tutup dengan doa, dan diakhiri dengan  serta melakukan sesi foto bersama.

Penulis : Lisa Tiara

Editor    : Ika Robiantari