Nasihat Ustadz Hilman Fauzi Kepada Mahasiswa IAIN SAS Babel Agar Hidupmu Tidak Mudah Lelah dan Menyerah

avatar Tong Hari
Tong Hari
Nasihat Ustadz Hilman Fauzi  Kepada Mahasiswa IAIN SAS Babel Agar Hidupmu Tidak Mudah Lelah dan Menyerah
Foto Bersama Wakil Rektor III, Ustaz Hilman Fauzi Bersama Mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung

Ustaz Hilman Fauzi Menyampaikan Ceramah Kepada Mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung
Ustaz Hilman Fauzi Menyampaikan Ceramah Kepada Mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung

Ustadz  Hilman Fauzi juga memberikan penghargaan kepada Wakil Rektor III karena telah memberikan donasi kegiatan safari dakwah untuk Kampung Qur'an Juara
Ustadz Hilman Fauzi juga memberikan penghargaan kepada Wakil Rektor III karena telah memberikan donasi kegiatan safari dakwah untuk Kampung Qur'an Juara

Wakil Rektor III  memberikan donasi kegiatan safari dakwah untuk Kampung Qur'an Juara
Wakil Rektor III memberikan donasi kegiatan safari dakwah untuk Kampung Qur'an Juara

Rektor IAIN SAS Bangka Belitung yang diwakili oleh Wakil Rektor III Dr. H. Janawi, M.Ag. menyampaikan sambutan
Rektor IAIN SAS Bangka Belitung yang diwakili oleh Wakil Rektor III Dr. H. Janawi, M.Ag. menyampaikan sambutan


IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Menerima kedatangan DPD BKPRMI Kabupaten Bangka mengelar kegiatan safari dakwah untuk mendukung dengan memberikan donasi untuk Kampung Qur'an Juara. Kegiatan tersebut diisi dengan ceramah agama yang disampaikan Ustadz Hilman Fauzi.  Bertempat di Aula Gedung Terpadu IAIN SAS Bangka Belitung Kamis (13/1/2022). Turut hadir  Wakil Rektor III Dr. H. Janawi, M.Ag., Ketua DPD BKPRMI Kabupaten Bangka Hari Subari, Dosen, Pegawai  dan Mahasiswa IAIN SAS Bangka Belitung.

Rektor IAIN SAS Bangka Belitung yang diwakili oleh Wakil Rektor III Dr. H. Janawi, M.Ag. menyambut baik kegiatan Kampung Qur'an Juara yang diinisiasi DPD BKPRMI Kabupaten Bangka. “Hari ini kita semua mendapat pencerahan dari Dai kondang asal Jawa Barat, Hilman Fauzi, S.E.I., M.E.Sy.. Seperti yang disampaikan, kita harus banyak bersyukur terkait apa yang telah Allah berikan kepada kita. Selain itu juga, saya mengajak seluruh mahasiswa ini mendukung Kampung Qur'an Juara, Donasi Waqaf Al-Qur”an ini merupakan sumbangan dari para Sivitas Akademika yang ada di lingkungan IAIN SAS Bangka Belitung. Semoga donasi ini bisa mendatangkan amal jariah bagi Bapak/Ibu dan mahasiswa yang sudah berkenan menyumbangkan sedikit rezekinya, dan semoga bisa mendatangkan manfaat bagi pihak yang menerimanya,”  ajak Janawi.

Ustadz Hilman Fauzi menyampaikan “Salah satu cara mewujudkan cara hidup yaitu memastikan keluarga kita jangan jauh dari Al Qur’an, Al Qur’an menjadi petunjuk hidup serta panduan dalam membina dan mendidik keluarga didalam kehidupan sehari-hari, semua hal tersebut secara terperinci dijelaskan didalam Al Qur’an. Padahal kita tahu bahwa ridho Allah bergantung kepada ridho kedua orang tua. Maka dari itulah kita perlu menyayangi mereka sebagaimana mereka menyayangi kita sewaktu kecil.

Lakukanlah yang terbaik untuk menyenangkan kedua orang tua, terutama selama keduanya masih hidup dan selama kita masih sempat. Dan terakhir, jangan lupa lantunkan doa terbaik agar kita bisa bersama-sama dengan mereka di surga nanti, Aamiin.

Sholat 5 waktu atau sholat fardhu hukumnya wajib dan apabila tidak dilaksanakan maka akan berdosa. Sholat 5 waktu dijelaskan dalam suatu hadist bahwa "Sholat adalah tiang agama" artinya apabila sholat ditegakkan maka agama akan berdiri sebaliknya apabila sholat tidak ditegakkan agama tidak akan berdiri. pada dasarnya sholat wajib itu adalah dasar pokok agama. Suatu saat dimana amal kita dihisab, maka amal pertama yang dihisab adalah amal sholatnya kata Ustadz Hilman.

Ustaz Hilman Fauzi mengatakan bahwa seseorang yang mengeluh, ada yang resah dan gelisah dalan hidupnya itu diperbolehkan asalkan tidak berlebihan. "Yang tidak boleh adalah keterlaluan dalam kelelahan, seakan-akan jadi orang yang lemah banget gitu. Padahal sebagai orang beriman kita tidak boleh seperti itu. Jadi lelah boleh, khawatir boleh tapi berlebih tidak boleh", ungkap Ustadz Hilman.

Yang dijelaskan Ustadz Hilman yaitu pertama adalah Iman. Dijelaskannya bahwasannya apabila ada iman di hati maka tidak akan ada perasaan gelisah berlebihan. "Artinya jika kemudian kita kecewa berlebihan khawatir berlebihan coba ditanya 'jangan-jangan iman kita sedang down, iman kita sedang futur," kata Ustadz Hilman.

Lalu kedua sebagaimana dijelaskan Ustadz Hilman yaitu Istiqomah. Karena iman itu harus dibuktikan dengan amal, amal bukan hanya sekedar amal, tapi amal yang istiqomah.

Ketiga, apabila hidup tidak mudah lelah dan menyerah yaitu dengan Ilmu. Karena menurutnya orang yang memiliki ilmu tahu bahwa ilmulah yang membimbingnya, ilmulah yang mengarahkannya. "Sedangkan orang yang tidak berilmu menjalani hidup dengan penuh kegelisahan. Tapi orang yang berilmu dia akan mendapatkan kekuatan dalam menjalankan kehidupan", kata Ustadz Hilman.

Keempat, agar hidupmu tidak mudah lelah dan menyerah menurut Ustaz Hilman yaitu dengan ikhlas. Ikhlas itu menyandarkan setiap urusan kita hanya untuk Allah. Berikut 4 cara agar agar hidup tidak mudah lelah dan menyerah menurut Ustadz Hilman Fauzi.

Dalam kesempatan itu Ustadz  Hilman Fauzi juga memberikan penghargaan kepada Wakil Rektor III karena telah memberikan donasi kegiatan safari dakwah untuk Kampung Qur'an Juara.

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan | Editor: H. Ika Robiantari)