Pengadilan Agama Sungailiat Kembali Menerima Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) IAIN SAS Babel

avatar Tong Hari
Tong Hari
Pengadilan Agama Sungailiat  Kembali Menerima Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) IAIN SAS Babel





IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menggelar Pengantaran Mahasiswa PKL di empat  Pengadilan Agama se-Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Pertama Pengadilan Agama Pangkalpinang, kedua Pengadilan Agama Sungailiat, Ketiga Pengadilan Agama Mentok, dan keempat Pengadilan Agama Tanjungpandan. Kegiatan magang dimulai pada tanggal 15 Juli sampai dengan 30 Agustus 2021.

Kegiatan  Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilaksanakan di Pengadilan Agama Sungailiat disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sungailiat Bapak Hakim Muhammad Aliyuddin, S.Ag., M.H. Kegiatan PKL di Pengadilan Agama Sungailiat dibimbing langsung oleh Imam Alfikri Pratama, M.Pd sebagai Dosen Pembimbing Lapangan didampingi oleh Sekretaris Panitia Bapak Reski Anwar, S.H, M.H. Pada sambutannya Ketua Pengadilan Agama Sungailiat  menerima dengan senang hati dengan adanya kegiatan PKL ini. Mereka merasa senang dengan kehadiran adik-adik Mahasiswa/i  Program Studi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah) Fakultas Syariah Syariah dan Ekonomi Islam IAIN SAS Babel bisa menambah suasana bahkan keluarga baru dilingkungan Pengadilan Agama Sungailiat.

Reski Anwar, S.H, M.H. menjelaskan PKL kali ini merupakan magang dengan angkatan yang ketiga di tahun 2021 pada Program Studi Hukum Keluarga Islam dengan jumlah 5 orang untuk di Pengadilan Agama Sungailiat diantaranya: Wahyu Akmal, Aldy Kurniawan, Juliana Siregar, Sandika, dan Suci Hatimah. PKL di Pengadilan Agama Sungailiat juga sudah 3 kali untuk angkatan tahun 2021 ini. PKL  sebelumnya angkatan pertama sudah dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2019 kemarin. Panitia beserta DPL dalam hal ini sudah resmi menitipkan mahasiswa magang kepada pihak Pengadilan Agama untuk diberi ilmu tambahan yang ada didalam Pengadilan Agama. Pesan terakhir seperti yang pernah disampaikan oleh Rektor yaitu Tunjukan kualitas dan junjung tinggi integritas sebagai kaum intelektual yang cerdas serta jaga kedisiplinan, etika, moral dan akhlak selama menjalani PKL ini. Sebagaimana tema yang sudah diangkat “Pengembangan Skill Akademik Mahasiwa Hukum Keluarga Islam yang Unggul, Religius, dan Profesional”.

DPL juga menyampaikan PKL ini merupakan salah satu persyaratan akademik untuk bisa melanjutkan ke semester berikutnya dan harapannya bisa menggali ilmu yang banyak selama 45 hari PKL. DPL berpesan untuk bisa menjaga almamater selama pelaksanaan PKL berlangsung.

Program yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Sungailiat sangat banyak dan detail sekali, ditambah lagi dengan adanya pelayanan berbasis online dan semunya digunakan semata-mata hanya untuk melayani para pencari keadilan. Jargon beliau “sukses pasti diraih, selama semangat masih menyengat. Waktu terus berjalan,  belajar dari masa lalu, bersiap tuk masa depan, berikan yang terbaik untuk hari ini.”

 

Penulis : Suci Hatimah (Peserta PKL Pengadilan Agama Sungailiat).