PIK-R Mutiara IAIN SAS Babel Peringati Hari Peduli Autisme Sedunia

avatar Tong Hari
Tong Hari
PIK-R Mutiara IAIN SAS Babel Peringati Hari Peduli Autisme Sedunia




IAINSASBABEL.AC.ID - PANGKALPINANG. Mutiara Berbagi Bersama PIK-R Mutiara IAIN SAS BABEL dalam Rangka Memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia "Rangkul Mereka, Jangan Dibeda, Karena Mereka Luar Biasa" dilaksanakan  di Taman Dealova dan Taman Sari Pangkal Pinang pada Jum'at (02/04/2021).

Mutiara Berbagi ini merupakan sebuah wujud yang mengaspirasikan tujuan dari Memperingati Hari Peduli Autisme Sedunia (Word Autism Awareness Day) yaitu meningkatan kesadaran masyarakat akan Autisme dan menciptakan dunia lebih baik untuk penyandang autisme.

Sedikit mengulas mengenai Autisme, apa itu Autisme? Autism Spectrum Disorder (ASD) atau gangguan spektrum autisme , merupakan gangguan perkembangan yang merusak kemampuan berkomunikasi dan keterampilan berinteraksi seseorang. Gangguan spektrum autisme ini juga diketahui berdampak pada sistem saraf.

Autisme dapat terjadi dengan tingkat keparahan yang bervariasi pada setiap orang. Dan apa penyebabnya? Gangguan ini dapat disebabkan oleh kelainan secara genetik atau faktor lingkungan yang meliputi paparan asap rokok, infeksi, efek samping obat-obatan, maupun asupan makanan dan gaya hidup yang tidak sehat selama hamil. Demikian gambaran terkait apa itu Autisme dan juga penyebabnya.

Menoleh pada kegiatan Mutiara Berbagi,  alhamdulillah kegiatannya berjalan dengan lancar dan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pastinya. Adapun kegiatan tersebut melibatkan Seluruh Dewan Pengurus Harian (DPH) dan anggota PIK-R Mutiara IAIN SAS Babel.

Kegiatan Mutiara Berbagi, yang disiapkan PIK-R Mutiara IAIN SAS Babel untuk dibagikan adalah permen, balon kata-kata motivasi. Tak lupa PIK-R Mutiara IAIN SAS Babel bertegur sapa kepada para pengunjung, berbagi senyum dan tawa kepada anak-anak serta menyampaikan sebuah informasi singkat Mengenai Hari Peduli Autisme Sedunia. Momen yang berharga dan sangat hangat kala itu. Karena dua lokasi titik yang berbeda kegiatan diawali di Taman Dealova sekitar pukul 15:30 WIB dan berlanjut ke lokasi ke dua pada pukul 16:30 WIB. Kegiatan di awali dengan prepare dan breafing terlebih dahulu dan doa bersama untuk kelancaran dan keberkahan kegitan kita hari itu.

Adapun setelah kegiatan selesai, tak lupa diakhiri dengan foto bersama dan juga penyampaian terkait kesan dari para angota atas kegiatan tersebut. Ketua Umum PIK-R Mutiara Muhammad Fadillah Prayogie menyampaikan, "sangat senang sekali rasanya dapat berbagi kesadaran dan kebahagian kepada anak-anak dan masyarakat, mereka terlihat sangat bahagia disaat dibagikan balon, permen dan kata-kata motivasi tersebut," tutur Fadillah dengan seyum lega juga bahagia.

 

(Penulis: Nur Deviana Kurnia Barkah | Editor: H. Ika Robiantari)