Prodi Jurnalistik Islam IAIN SAS Babel Praktik Penulisan Berita ke Lapangan

avatar Tong Hari
Tong Hari
Prodi Jurnalistik Islam IAIN SAS Babel Praktik Penulisan Berita ke Lapangan



IAINSASBABEL.AC.ID - PANGKALPINANG. Mahasiswa Prodi Jurnalistik Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melakukan praktik matakuliah Teknik Penulisan Soft News langsung ke lapangan tepatnya di Taman Sari Pangkalpinang pada 3 Juni 2021. Praktik bertujuan untuk mengasah skill mahasiswa Prodi Jurnalistik Islam dalam penulisan berita.

Kegiatan praktik mahasiswa Prodi Jurnalistik Islam ditemani langsung oleh Dosen Pembimbing Prodi Jurnalistik Islam Sekar Putri, M.A. Proses penulisan berita ini berjalan dengan lancar dimulai dari setelah ba’da salat zuhur pukul 14:00 WIB sampai dengan selesai setelah salat ashar dan diakhiri dengan diskusi dan foto bersama.

Dalam kegiatan ini, masing-masing mahasiswa Prodi Jurnalistik Islam bergegas langsung mencari narasumber untuk mendapatkan informasi yang aktual dan terpercaya. Kebanyakan narasumber yang mereka dapatkan yaitu masyarakat-masyarakat yang berada di Taman Sari hingga Alun-Alun Kota Pangkalpinang. 

Tiara Khovivah mahasiswa Prodi Jurnalistik Islam menceritakan pengalaman pertamanya wawancara langsung dengan narasumber yakni mendapatkan penolakan dari narasumber dikarenakan pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh narasumber, hal tersebut menjadi pengalaman berharga tentang pentingnya menguasai teknik wawancara yang baik dan benar. 

Setelah selesai melakukan wawancara guna mendapatkan informasi, semua mahasiswa Prodi Jurnalistik Islam berkumpul kembali dan berdiskusi langsung kepada Dosen pembimbing Sekar Putri, M.A. Mahasiswa diminta menceritakan pengalaman serta kesulitan yang dialami selama proses wawancara. Kemudian menjelaskan tentang pentingnya mencari narasumber yang sesuai dengan tema tulisan yang diajukan karena tidak semua narasumber memahami betul bentuk pertanyaan yang diberikan. Sekar juga menjelaskan bahwa pentingnya memperkenalkan diri terlebih dahulu serta tujuan dari wawancara yang akan diberikan agar mereka terbuka memberikan informasi yang dibutuhkan.

Sebagaimana dalam praktik yang dilakukan, mahasiswa Prodi Jurnalistik Islam mendapatkan pengetahuan ilmu dan pengalaman pertama dilapangan dalam menulis berita. Semoga kedepannya bisa menjadi lebih mahir dan terbiasa. Serta mampu menghadapi tantangan berupa pengetahuan-pengetahuan yang baru karena mahasiswa jurnalis adalah mahasiswa yang selalu siap dalam menerima dan menghadapi semua tantangan demi masyarakat yang membutuhkan informasi yang baik dan benar.

 

(Penulis: Lisa | Editor: Turmuzi)