Ujian Masuk PTKIN IAIN SAS Babel Siap Digelar Online (Daring), Simak Ketentuannya!

avatar Tong Hari
Tong Hari
Ujian Masuk PTKIN IAIN SAS Babel Siap Digelar Online (Daring), Simak Ketentuannya!

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM-PTKIN) IAIN Syaih Abdurrahman Siddik Bangka Belitung  tahun 2021 akan dilakukan secara online (daring). UM-PTKIN menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) yang telah disiapkan oleh Panitia Nasional Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN). Ujian SSE akan berlangsung pada 24-27 Mei 2021.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag. sekaligus Ketua Panitia Lokal IAIN SAS Babel saat di temui, ujian ini secara online penggunaan Sistem Seleksi Elektronik (SSE), kata dia, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus. Ketentuan ujian online UM-PTKIN untuk mengikuti ujian online, peserta harus menggunakan username dan password yang sesuai dengan yang tertera pada kartu ujian. Dalam satu hari, pelaksanaannya dibagi menjadi 3 sesi, yaitu pukul 07:30-9:30 WIB (Sesi 1), 10:30-12:30 WIB (Sesi 2), dan 13:30-15:30 WIB (Sesi 3). UM-PTKIN IAIN SAS Babel ini diikuti dengan jumlah total peminat/peserta sebanyak 524 orang. 

Pelaksanaan UM-PTKIN secara online menggunakan SSE merupakan yang kedua kalinya tahun ini. Peserta wajib menggunakan perangkat seperti laptop atau smartphone secara mandiri dengan jaringan internet stabil saat ujian. Peserta juga harus berpakaian sopan selama ujian, memakai hijab bagi peserta putri, tidak membuka catatan, dan tidak diperkenankan ada orang lain di sekitar peserta peserta yang melanggar aturan ini akan didiskualifikasi. "Para peserta seleksi telah mengikuti uji coba penggunaan SSE. Uji coba SSE UM-PTKIN telah dilakukan selama tiga hari, 17-19 Mei 2021 kemaren," tandasnya.

Juga pada saat peserta ini login harus meng-capture wajah beserta kartu ujiannya. Dari hasil capture itu kita bisa mengecek, apakah identitas yang masuk itu sesuai data yang tertera pada berita acara,” kata Dia. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu. Daftarkan email Materi ujian UM-PTKIN dibagi menjadi tiga yakni: Tes Kemampuan Dasar / TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman dan Baca Tulis Al-Quran) Tes Kemampuan Bidang IPA, Tes Kemampuan Bidang IPS. "Selama proses ujian, panitia juga menyediakan website helpdesk sapa.um-ptkin.ac.id. Melalui helpdesk tersebut, peserta dapat berkonsultasi untuk mengatasi kondisi seperti gagal login, terjadi bencana alam, atau berbagai kendala jaringan lainnya. Helpdesk akan menindaklanjuti laporan dan memberikan alternatif solusi bagi peserta," paparnya

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan | Editor: H. Ika Robiantari)