YBM PLN Babel Bersama Mahasiswa IAIN SAS Beri Santunan Ke Ponpes PPNI Baturusa dan Daar El-Ehsan Petaling

avatar Tong Hari
Tong Hari

77 x dilihat
YBM PLN Babel Bersama Mahasiswa IAIN SAS Beri Santunan Ke Ponpes PPNI Baturusa dan Daar El-Ehsan Petaling
YBM PLN Babel Bersama Mahasiswa IAIN SAS Beri Santunan Ke Ponpes PPNI Baturusa dan Daar El-Ehsan Petaling



IAINSASBABEL.AC.ID BANGKA. Mahasiswa Generasi Cahaya Pintar (GENCAR) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung merupakan mahasiswa yang menerima Beasiswa Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN kembali melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema “Benderang Berkah Ramadhan”. Pelaksanaan program kegiatan ini sekaligus untuk mencari keberkahan di bulan suci Ramadahan.

Sebanyak 18 mahasiswa penerima manfaat YBM PLN turut serta dalam kegiatan Gencar Mengabdi. Ada dua tempat yang dituju oleh mahasiswa GENCAR yakni Pondok Pesantren Nurul Ihsan (PPNI) Batu Rusa Bangka yang dilaksanakan pada 1 April 2024, dan Pondok Pesantren Daar El-Ehsan Petaling yang dilaksanakan pada 2 April 2024.

Kegiatan ini diawali dengan permainan sambung ayat-ayat al-Quran bagi santri/santriwati, penyerahan bantuan kepada anak yatim, piatu, yatim piatu, dan para santri/santriwati berupa alat-alat sekolah dan kebutuhan pokok. 

Acara dilanjutkan dengan buka puasa bersama dan sholat Maghrib berjemaah. Bantuan diserahkan oleh Ketua YBM PLN yang diwakili Husni (Pembina GENCAR) dan Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr. Irawan, M. S. I.

Rektor IAIN SAS  Babel  Dr. Irawan, M.S.I ikut mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Gencar Mengabdi. “Kegiatan ini memiliki urgensi sebagai wahana pengabdian kepada masyarakat dan mengasah kepekaan sosial mahasiswa terhadap lingkungan sekitar”, ujar Irawan.

Pada hari kedua, 2 April 2024, kegiatan GENCAR dilanjutkan di Pondok Pesantren Daar El-Ehsan atau dikenal Pondok Trendi. Turut hadir pada kegiatan hari kedua ini Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Muh. Misdar, M.Ag dan istri dan Septa Aryo Widyanarko selaku pengurus YBM PLN yang menyerahkan langsung untuk bantuan sarana dan prasarana. 

Pelaksanaan kegiatan Gencar Mengabdi dilakukan serentak oleh GENCAR Se-Indonesia yang berjumlah 20 Kampus. Kegiatan di setiap titik tujuan,   berjalan dengan lancar dan diisi beberapa permainan untuk mengasah memori anak-anak yang ada di Pondok Pesantren, seperti permainan sambung ayat. Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti permainan tersebut.

Ketua Pelaksana kegiatan Gencar Mengabdi ini, Abillah Fatih mengatakan bahwa kegiatan ini terselenggara di dua titik yakni Pondok Pesantren Nurul Ihsan (Batu Rusa) dan Pondok Pesantren Daar El-Ehsan (Petaling). 

Kegiatan ini menjadi sarana untuk menyalurkan sebagian harta kita untuk orang lain dan kegiatan ini menjadi wadah untuk mengekspresikan diri kemudian menjadi manfaat bagi yang menerimanya.

Pembina GENCAR dan Pengurus YBM PLN Husni menyampaikan bahwasannya kegiatan ini dilakukan setiap tahun dan serentak se-Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para kaum dhuafa dalam proses menimba ilmu dan meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa GENCAR terhadap lingkungan sekitarnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Ihsan (Batu Rusa), Ustad Hata Budianto, mengapresiasi dan memberikan ucapan terima kasih akan program yang diselenggarakan oleh YBM PLN dan IAIN SAS Bangka Belitung. 

Kemudian Hata Budianto mengatakan bahwasanya mengharapkan untuk sama-sama mendorong, meningkatkan syiar di tengah-tengah masyarakat, interaksi sosial agar kehidupan sebagai makhluk sosial terus peduli dan memberikan inspirasi untuk generasi ke depannya. Serta menuturkan untuk adik-adik mahasiswa untuk terus semangat  dalam menimbang ilmu supaya nantinya dapat memberikan manfaat untuk masyarakat.(*)

Penulis : Ayaknan