Gandeng Pemdes dan Puskesmas Tanjung Labu, Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel Lakukan Senam Bersama dan Pengobatan Gratis

avatar Tong Hari
Tong Hari

132 x dilihat
Gandeng Pemdes dan Puskesmas Tanjung Labu, Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel Lakukan Senam Bersama dan Pengobatan Gratis
Gandeng Pemdes dan Puskesmas Tanjung Labu, Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel lakukan Senam Bersama dan Pengobatan gratis


IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA SELATAN. Mahasiswa KKN IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung bersama Pihak Desa melaksanakan senam pagi  di Taman Sport Center Desa Tanjung Labu Kecamatan Lepar pongok, Bangka Selatan (21/10/2022). Senam pagi dilakukan pada pukul  08:00 s/d 09.00 WIB. Senam pagi dilaksanakan dengan tujuan untuk melatih kebugaran jasmani serta mempererat silahturahmi masyarakat Desa Tanjung Labu dengan Mahasiswa KKN IAIN SAS Bangka Belitung. Adapun Instruktur senam tersebut dipimpin langsung  oleh ibu-ibu PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga), senam yang di tampilkan ialah Senam Maumere, Senam Ubur-ubur dan Senam Poco-poco.

Setelah selesai melaksanakan senam pagi, dari pihak puskesmas mengadakan pengobatan gratis untuk seluruh masyarakat Desa Tanjung Labu dan seluruh mahasiswa KKN IAIN SAS Bangka Belitung. Ketua Kelompok KKN Dzarfan mengatakan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut disambut antusias oleh masyarakat di wilayah itu. "Ini merupakan salah satu kegiatan Puskesmas keliling dengan melakukan pelayanan kesehatan masyarakat bersama dengan para mahasiswa," ujarnya.

Bantuan berobat gratis dari puskesmas langsung dilakukan oleh pihak puskesmas untuk mengobati warga untuk mengecek gula manis (diabetes), asam urat, darah tinggi dan lainnya. Persyaratan pengobatan gratis ini cukup mudah yaitu para warga yang ingin melakukan pengobatan gratis tersebut cukup membawa KTP dan BPJS Kesehatan banyak para lansia yang ikut serta dalam pengobatan gratis tersebut.

Dzarfan mengatakan, pengobatan massal merupakan salah satu kegiatan kesehatan yang biasanya terkait dengan pengabdian masyarakat oleh institusi atau organisasi tertentu. Sasarannya tentu masyarakat daerah terpencil yang kurang mendapat perhatian kesehatan dengan tujuan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Sementara itu, perwakilan warga mengapresiasi mahasiswa KKN IAIN SAS Bangka Belitung  yang telah mengadakan pengobatan gratis karena membantu warga.

 

 

Penulis : Siti Rogayah