Gelaran Pertemuan Forum Dekan Pengelola Prodi Psikologi PTKI Se- Indonesia Resmi Dibuka

avatar Tong Hari
Tong Hari

248 x dilihat
Gelaran Pertemuan Forum Dekan Pengelola Prodi Psikologi PTKI Se- Indonesia Resmi Dibuka
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam(FDKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Tuan Rumah gelaran Forum Dekan Pegelola Prodi Psikologi PTKI Se- Indonesia

 Sambutan Ketua Forum Dekan Pengelola Prodi Psikologi Se- Indonesia Dr.Zahrotun Nihaya,M.S.I
Sambutan Ketua Forum Dekan Pengelola Prodi Psikologi Se- Indonesia Dr.Zahrotun Nihaya,M.S.I

Pembukaan Forum ini  Rektor IAIN SAS Babel yang pada kesempatan ini yang di wakili oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. H.Hatamar,M.Ag
Pembukaan Forum ini Rektor IAIN SAS Babel yang pada kesempatan ini yang di wakili oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. H.Hatamar,M.Ag

Penyerahan Cindramata Kepada Ketua Forum Dekan Pengelola Prodi Psikologi Se- Indonesia Dr.Zahrotun Nihaya,M.S.I
Penyerahan Cindramata Kepada Ketua Forum Dekan Pengelola Prodi Psikologi Se- Indonesia Dr.Zahrotun Nihaya,M.S.I

IAINSASBABEL.AC.ID BANGKA. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menjadi Tuan Rumah gelaran Forum  Dekan  Pegelola Prodi Psikologi PTKI  Se- Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini berlangsung  pada 8-10 Maret 2023 di Hotel Parai Beach Resort & Spa - Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam pembukaan kegiatan,  Rektor IAIN SAS Babel yang diwakili oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. H.Hatamar, M.Ag mengucapkan selamat datang kepada peserta Forum Dekan Pengelola Prodi Psikologi PTKI Se- Indonesia. Forum ini menjadi sarana silaturahmi dan diskusi untuk menampung dan membahas ide yang inovatif dan konstruktif untuk pengembangan prodi Psikologi dan Psikologi Islam di Indonesia. " Kegiatan ini menjadi kebanggaan bagi IAIN SAS Bangka Belitung  karena bisa dipercaya sebagai gelaran Pertemuan Forum Dekan Pengelola Prodi Psikologi PTKI Se- Indonesia pada tahun 2023″ ujarnya.

Ia mengatakan beberapa kesepakatan yang sangat penting dalam Forum  Dekan  Pegelola Prodi Psikologi PTKI  Se- Indonesia tahun 2023 ini adalah adanya kesepakatan untuk bersama-sama bersinergi, berkolaborasi, dan bermitra untuk mengembangkan Fakultas Psikologi dan Prodi Psikologi Islam".

Ketua Forum Dekan Pengelola Prodi Psikologi Se- Indonesia Dr. Zahrotun Nihaya,M.Si menyampaikan  terima kasih kepada panitia atas kerja samanya telah menyuksesan acara forum ini.

Ia juga mengatakan Forum ini aakan membahas mengenai pengembanga kelembagaan dalam kerangka implementasi MBKM serta pembahasan Prospek Prodi Psikologi dan Regulasi tentang UU No 23 Tahun 2022 mengenak Pendidikan dan Layananan Psikologi.

Selesai acara pembukaan dilanjutkan materi dari Ketua Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI) secara hybrid. Selaku pembicara, ketua AP2TPI Zahrotur Rusyda Hinduan, S.Psi., MOP, Ph.D sekaligus Dekan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran mengatakan UU No 23 Tahun 2022 Pendidikan dan Layananan Psikologi untuk mewujudkan psikolog yang profesional dan bertanggung jawab. 

Untuk itu perlu dilakukan pembaruan dan penguatan Pendidikan Psikologi yang terencana, terarah, dan berkesinambungan guna optimalisasi Layanan Psikolog. Lebih lanjut, ia juga membahas mengenai Pendidikan psikologi di Indonesia yang terdiri dari 2 pendidikan, yaitu Pendidikan akademkk sarjana, magister dan doktor, selanjutnya pendidikan profesi: profesi, spesialis, subspesialis.imbuhnya.

Dengan disahkannya UU ini, diharapkan dapat memiliki dampak signifikan terhadap pendidikan dan layanan psikologi. UU ini juga diharapkan dapat mendorong perwujudan SDM yang berkualitas, karena layanan psikologi yang baik dibutuhkan, selayaknya layanan kesehatan lainnya. Layanan psikologi sejatinya juga menjadi metode untuk mengetahui minat dan bakat seseorang, sehingga mampu mencetak SDM yang unggul dan bermanfaat untuk kehidupan bermasyarakat tutup Zahrotur

Penulis : Tonghari /  Ayaknan 

Editor: Ika Robiantari