Gubernur Bangka Belitung Apresiasi Prodi Psikologi Islam IAIN SAS Bangka Belitung Berperan dalam Mitigasi Bencana

avatar Mega Paraiyannie
Mega Paraiyannie
Gubernur Bangka Belitung Apresiasi Prodi Psikologi Islam IAIN SAS Bangka Belitung Berperan dalam Mitigasi Bencana
Opening Speech dari Gubernur, Erzaldi

Poster Webinar Nasional oleh Prodi Psikologi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam
Poster Webinar Nasional oleh Prodi Psikologi Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Indonesia sampai saat ini masih mengalami bencana dimana-mana, baik bencana alam maupun non alam. Hingga Indonesia dikenal sebagai salah satu dari 35 negara dengan tingkat ancaman bencana tertingi. Belum tuntas bencana kesehatan yakni pendemi covid-19 di Indonesia, di awal tahun 2021 ini Indonesia kembali mengalami bencana seperti pesawat jatuh, banjir, gempa bumi, gunung meletus, dan lainnya. Setidaknya tercatat oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sepanjang tanggal 1 hingga 16 Januari 2021 ini ada 136 bencana alam di Indonesia. Oleh karena itu untuk menyikapi berbagai bencana yang sekarang ini terjadi, maka Prodi Psikologi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung secara tanggap melaksanakan Webinar Nasional dengan tema “Peran Media dan Psikologi dalam Penanggulangan Bencana” sebagai bentuk kontribusi Prodi Psikologi Islam yang secara keilmuan sangat erat pada langkah mitigasi bencana di Indonesia khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua Prodi Psikologi Islam Yandi Hafizallah, M.A. mengungkapkan, “kegiatan ini merupakan kewajiban bagi institusi IAIN SAS Bangka Belitung, khususnya Prodi Psikologi Islam agar memberikan kontribusi yang maksimal terhadap berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat“. Webinar Nasional ini dapat terlaksana atas kerjasama Prodi Psikologi Islam IAIN SAS Bangka Belitung yang berkolaborasi dengan Prodi Psikologi Islam IAIN Pontianak dengan tujuan untuk memberikan peran nyata dalam penanggulangan bencana khususnya dalam edukasi masyarakat. “Semoga setiap lembaga yang terkait bisa bersinergi memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya tentang peran psikolog dan media dalam menghadapi bencana“ tegas Yandi.

 

Webinar Nasional prodi Psikologi Islam IAIN SAS Bangka Belitung, diikuti oleh 200-an partisipan dari berbagai unsur seperti : mahasiswa, siswa SMP dan SMA, guru, dan dinas provinsi-kota, serta BMKG. Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dr. H. Erzaldi Rosman Djohan, S.E.,M.M, yang secara langsung membuka webinar. Serta sambutan pihak IAIN SAS Bangka Belitung dari Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam oleh Dr. Zaprulkhan, M.S.I. Adapun selama webinar, diskusi di pandu oleh moderator, Citra Fraghini, M.P.Si., Psikolog yang merupakan psikolog dan Dosen Prodi Psikologi Islam IAIN SAS Bangka Belitung. Sedangkan Pemateri yang hadir adalah dari unsur Jurnalis yaitu Nayla Azmi reporter iNews TV Jakarta dan unsur Psikolog yaitu Dr. Fitri Sukmawati,M.Psi.,Psikolog yang merupakan Ketua HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) wilayah Kalimatan Barat dan Dosen Prodi Psikologi Islam IAIN Pontianak.

Gubernur menyampaikan pentingnya webinar ini bagi edukasi masyarakat dalam penanggulangan bencana, “diperlukan tindakan prefentif untuk menanggulangi bencana. Disinilah peran psikolog dalam hal ini prodi Psikologi Islam harus dapat mengambil peran, baik peran sebagai media dengan cara memberikan pesan kepada masyarakat sebagai pesan penyejuk dan pemberi informasi bagaimana penanggulangan bencana” ungkap Erzaldi. Kehadiran Prodi Psikologi Islam di tengah masyarakat khususnya di Bangka Belitung sangat diperlukan. “Peran psikologi dapat mengurangi tingkat stressing di masyarakat. Tentunya kita sangat bersyukur bahwa IAIN SAS Bangka Belitung sudah memiliki program studi Psikologi Islam, dimana tenaga psikolog masih sangat banyak kita butuhkan, tidak hanya pada penanganan bencana tapi juga pada bidang lainnya yang kita butuhkan” tegas Gubernur pada sambutannya.

Pelaksanaan webinar nasional ini menjadi momentum penting di awal tahun 2021 bagi program studi Psikologi Islam IAIN SAS Bangka Belitung untuk selalu unggul dalam segala aspek. Khususnya keunggulan pada kegiatan seputar tridharma perguruan tinggi yang mampu meningkatkan akreditasi program studi. “Program studi Psikologi Islam merupakan pusat pendidikan masyarakat berbasis psikologi Islam, satu-satunya yang ada di Bangka Belitung” ungkap Yandi kepada PrimeTime News prodi Jurnalistik Islam IAIN SAS Bangka Belitung. [Rafles Abdi Kusuma]