LP2M IAIN SAS Bangka Belitung Seminarkan 30 Proposal Penelitian Berbasis SBK dan Pengabdian Dosen (Litapdimas)

avatar Tong Hari
Tong Hari

160 x dilihat
LP2M IAIN SAS Bangka Belitung Seminarkan 30 Proposal Penelitian Berbasis SBK dan Pengabdian Dosen (Litapdimas)
Peserta Seminar Proposal Penelitian


Reviewer (dari kiri ke kanan): Prof. Dr. Zulkifli, M.A. Ph.D (Wakil Rektor I UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag (Direktur Pascasarjana  UIN Prof. KH. Saifudin Zuhri, Puworkerto)
Reviewer (dari kiri ke kanan): Prof. Dr. Zulkifli, M.A. Ph.D (Wakil Rektor I UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag (Direktur Pascasarjana UIN Prof. KH. Saifudin Zuhri, Puworkerto)


IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung kembali menggelar Seminar Proposal Penelitian Litapdimas berbasis SBK (Satuan Biaya Keluaran) sebagai bukti komitmennya untuk terus memajukan pengetahuan khususnya dibidang penelitian.

Melalui acara Seminar Proposal Penelitian ini, diharapkan para civitas akademika di lingkungan IAIN SAS Babel mampu mengidentifikasi masalah atau isu yang terjadi sebagai bentuk respons dari kebutuhan dan kegelisahan yang terdapat di masyarakat serta mampu menghasilkan output atau produk penelitian yang dapat digunakan atau dimanfaatkan dalam mengambil keputusan/ kebijakan. Acara Seminar Proposal Penelitian Dosen ini di moderatori oleh Atika Dewi Utami, S.KPm., M.Si. bertempat di Ruang Rapat Gedung Terpadu IAIN SAS Babel Lantai III.

Penelitian dengan sistem online dilakukan melalui aplikasi Litapdimas (litapdimas.kemenag.go.id) mulai dari penerimaan proposal, seminar antara sampai dengan laporan hasil, semua harus diunggah di Litapdimas. Salah satu pendukung tercapainya luaran laporan executive jurnal ini adalah seminar antara dan seminar hasil. “Seminar hasil sebagai wadah bagi peneliti untuk mendapatkan masukan dan saran selama melakukan penelitian.

Ketua LP2M Dr. Suparta, M.Ag mengemukakan "upaya pemenuhan kebutuhan penelitian bagi Dosen yang sangat menunjang kualitas riset dan publikasi juga berdampak pada semakin kuatnya borang akreditasi Program Studi di IAIN SAS Babel. Klaster-klaster yang diusung dikorelasikan dengan tema besar Agenda Riset Nasional (ARKAN) serta visi misi dan Renstra Institusi, yang kesemuanya merupakan wujud penguatan Borang Akreditasi khususnya pada bidang Penelitian yang akan memberikan peningkatan kapasitas para calon peneliti, baik dari segi substansi atau pun metodologi research penelitian sehingga mereka akan lebih dapat menangkap problem-problem krusial di masyarakat dan akan menghasilkan output penelitian yang kontributif,” jelas  Suparta.

Seminar ini dibuka oleh Wakil Rektor I Bagian Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag. yang mewakili Rektor IAIN SAS Babel, dalam sambutannya dikatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat para Dosen dan Tenaga Fungsional. Beliau berharap agar outcome penelitian para Dosen berupa buku yang ber-ISBN dipublikasikan di jurnal bereputasi nasional dan internasional. Masing-masing proposal dinilai oleh dua reviewer, yaitu Prof. Dr. Zulkifli, M.A. Ph.D (Wakil Rektor I UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Prof. Dr. H. Sunhaji, M.Ag. (Direktur Pascasarjana UIN Prof. KH. Saifudin Zuhri, Puworkerto).

Sambutan ditutup dengan ucapan terima kasih kepada kedua reviewer dan apresiasi atas semangat para civitas akademika di lingkungan IAIN SAS Babel dibuktikan dengan terkumpulnya sebanyak 30 proposal penelitian yang telah ada di LP2M. Tentu, semangat ini harus terus kita pelihara dan tingkatkan setiap tahunnya agar semakin banyak penelitian-penelitian baru yang dihasilkan, tutup Rusydi.

Setelah pembukaan selesai, para calon peneliti kemudian masing-masing diberi kesempatan presentasi 5 menit secara daring akan dinilai langsung oleh reviewer/tim penilai secara online juga. Banyak masukan bersifat membangun yang didapatkan oleh para calon peneliti dari masing-masing reviewer. Terlebih, mereka juga diberikan kesempatan untuk memberikan feedback atau tanggapan balik atas masukan yang telah diberikan, sehingga forum ini menjadi lebih hidup dan lebih bersinergi antara reviewer dengan para peserta.

 

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan | Editor: Turmuzi)