Mahasiswa Formasi KIP-K IAIN SAS Bangka Belitung Goes to School

avatar Tong Hari
Tong Hari
Mahasiswa Formasi KIP-K  IAIN SAS Bangka Belitung Goes to School
Pelepasan Tim Sosialisasi ke Sekolah SMA/SMK/MA dan Sederajat oleh Wakil Rektor I Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag.



IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Bertempat di Depan Rektorat Terpadu IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung  melaksanakan pelepasan  tim sosialisasi ke sekolah SMA/SMK/MA dan Sederajat  oleh Wakil Rektor I Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag, Forum Mahasiswa Formasi KIP-Kuliah  (Formasi KIP-K) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Sosialisasi dalam persiapan PMB Tahun 2021, Mahasiswa Formasi KIP IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mengunjungi sekolah-sekolah yang berada di Bangka Belitung untuk melakukan Sosialisasi Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) dan Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Mandiri (PMB Mandiri). Sosialisasi tersebut menyambangi lima Kabupaten dan Kota diantaranya, Bangka, Bangka Selatan, Bangka Barat, Bangka Tengah, dan Kota Pangkalpinang. Kegiatan yang diberi nama Formasi KIP Goes to School ini menyapa siswa-siswi selama 14 hari lamanya.

Tim Sosialisasi, Kusnadi, S.Kom., M.M  menjelaskan, disamping memperkenalkan kampus IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung  yang tidak kalah hebat dengan kampus-kampus lain . IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung membuka seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui tiga jalur, yaitu SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan PMB Mandiri. Kuota yang disiapkan sebanyak 1.270 mahasiswa dengan rincian jalur SPAN-PTKIN sebanyak 508 orang, jalur UM-PTKIN sebanyak 508 orang dan jalur PMB Mandiri sebanyak 254  orang.

Dalam kegiatan program kerja Bidikmisi dan KIP Goes to School 2021 ini, ada beberapa hal yang disosialisasikan oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi (FORMASI KIP), yang pertama mengenai Profil Kampus IAIN, yang kedua mengenai Fakultas dan Prodi yang ada di IAIN SAS Bangka Belitung, sarana dan prasarana, prestasi, dan jalur pendaftaran masuk PTKIN”, ujar Beliau.

Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag. selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN SAS Bangka Belitung menguraikan, bagi calon mahasiswa baru dapat langsung mendaftar melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) , UM-PTKIN dan Mandiri . Untuk itu beliau mengingatkan agar dirancang strategi khusus untuk memaksimalkan promosi dan penyampaian informasi kepada pihak Sekolah. "Perguruan Tinggi terus berbenah ke arah lebih baik dan pihak kampus menargetkan tahun ini IAIN SAS Bangka Belitung  dapat naik ke level yang lebih baik .

Wakil Rektor I juga berharap agar seluruh panitia dapat saling bekerjasama dalam  mensukseskan pelaksanaan SPAN PTKIN, UM- PTKIN dan PMB Mandiri  Tahun 2021. Adapun Program Studi yang ditawarkan di IAIN SAS Babel terdiri dari :

Fakultas  Tarbiyah

  1. Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI),
  2. Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD),
  3. Prodi Tadris Bahasa Inggris (TBI),
  4. Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA),
  5. Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI).

Fakultas  Dakwah dan Komunikasi  Islam

  1. Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI),
  2. Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI),
  3. Prodi Psikologi Islam (PI),
  4. Prodi Jurnalistik Islam (JI).

Fakultas  Syariah dan Ekonomi Islam

  1. Prodi Perbankan Syariah (PS),
  2. Prodi Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah),
  3. Prodi Akuntansi Syariah (AKS).

Pihak IAIN SAS Bangka Belitung akan berupaya semaksimal mungkin dalam mensukseskan pelaksanaan SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan PMB Mandiri  dan memberikan pelayanan informasi bagi sekolah dan seluruh calon mahasiswa. Segala informasi dapat ditanyakan langsung kepada panitia lokal IAIN SAS Bangka Belitung. Informasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN ,UM-PTKIN dan PMB Mandiri juga dapat diakses melalui laman www.iainsasbabel.ac.id, Instagram di @iainbabel, Facebook di @iainsasbabel dan Twitter di @iainsasbabel.

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan)