Peduli Sesama, Mahasiswa Prodi KPI IAIN SAS Babel Berbagi Takjil dan Nasi Kotak Gratis

avatar Tong Hari
Tong Hari
Peduli Sesama, Mahasiswa Prodi KPI IAIN SAS Babel Berbagi Takjil dan Nasi Kotak Gratis





IAINSASBABEL.AC.ID - PANGKALPINANG. Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung berbagi rezeki berupa takjil dan nasi kotak di berbagai titik di area alun-alun Pangkalpinang. Biasanya mahasiswa sibuk dengan aktifitas kuliah dan tugas, namun di bulan suci Ramadan agak bebeda dengan apa yang dilakukan oleh mahasiswa prodi KPI semester dua ini. Dengan mengusung tema Ramadan Berbagi, diharapkan dapat menyadarkan bahwa berbagi itu indah, terutama untuk kaum Duafa dan Yatim Piatu. “Harapan kami, kegiatan ini terlaksana setiap bulan Ramadan dan berkelanjutan,“ ungkap Jodi.

Paket takjil  dan nasi kotak yang didapat dari patungan mahasiswa itu juga diberikan kepada pengguna jalan yang melintas di sepanjang Jalan. Masyarakat yang melintas tampak antusias dengan kegiatan sosial ini. Pembagian takjil gratis tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Apalagi, banyak pengguna jalan dan pedagang yang tidak sempat berbuka puasa di rumahnya.

"Harapan kami biar lebih bersyukur, lebih bisa peduli walaupun kita berbeda dengan yang lain dan bisa melirik warga yang kurang mampu dan tentunya kami semua berharap ini bisa menjadi budaya kami untuk berbagi. Kami melakukan kegiatan ini untuk mempererat dan menjaga solidaritas dalam bekerjasama, peduli sesama dan tentunya bernilai pahala di sisi Allah swt,” sambungnya.

Kaprodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Ari Wibowo, M.Sos. dalam wawancara mengungkapkan, ini merupakan inovasi dan gebrakan baru yang ditunjukkan adik-adik mahasiswa angkatan 2021. Sesuai dengan slogan kami, adik-adik menunjukkan kreativitas dan produktifitasnya. “Apresiasi dari saya, kepekaan sosial dari adik-adik dan semangat untuk kalian semua. Lanjutkan kegiatan positifnya, semoga bermanfaat bagi orang lain." Ujar Ari.

Berbagi takjil di bulan suci Ramadan merupakan salah satu bentuk gagasan yang ditunjukkan untuk berbagi kepada Masyarakat. Mereka mengatasnamakan dari “Prodi KPI Berbagi” melakukan bagi-bagi takjil dan nasi kotak pada sejumlah warga yang ditemui dan beberapa warga yang layak menerimanya.

"Pembagian takjil dan nasi kotak ini merupakan aktifitas positif yang digagas untuk memberi contoh kepada masyarakat, berbagi tidak menunggu kaya. Hal ini dilakukan oleh mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan tujuan untuk meningkatkan rasa solidaritas. Kegiatan ini dilaksanakan tahun pertama di 2021 yang diselenggarakan mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)," tutup Ari.

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan | Editor: H. Ika Robiantari)