Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Adakan Sosialiasi di MAN 1 Muntok dan Pengadilan Agama Bangka Barat

avatar Tong Hari
Tong Hari

50 x dilihat
Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Adakan Sosialiasi di MAN 1 Muntok dan Pengadilan Agama Bangka Barat
Tim dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mengadakan sosialisasi Program Studi (Prodi) baru yaitu Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES)

Sosialiasi Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES)  di MAN 1 Muntok
Sosialiasi Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) di MAN 1 Muntok

Sosialiasi Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) di  Pengadilan Agama Bangka Barat
Sosialiasi Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) di Pengadilan Agama Bangka Barat


IAINSASBABEL.AC.ID - MUNTOK.  Tim dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mengadakan sosialisasi Program Studi (Prodi) baru yaitu Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES). Sosialisasi diadakan di dua lokasi di Kabupaten Bangka Barat yaitu di MAN 1 dan di Pengadilan Agama Muntok. Tim terdiri dari Wakil Dekan II FSEI Dr. Hendra Cipta, M.S.I, Kaprodi HES, Reno Ismanto, Lc., MIRKH dan staff akademik FSEI.

Kegiatan sosialisasi Prodi HES merupakan yang pertama kali diadakan. Sebelumnya memang belum terlaksana, karena adanya keterlambatan keluar surat izin resmi prodi. Sehingga penerimaan mahasiswa baru hanya bisa diikuti oleh calon mahasiswa dari jalur mandiri. 

Namun demikian, pada semester tahun akademik 2022/20223 telah ada beberapa mahasiswa yang mendaftar di prodi yang baru didirikan di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, baik itu Prodi Hukum Ekonomi Syariah ataupun Prodi Pariwisata Syariah.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di MAN 1 Bangka Barat mentarget siswa-siswa kelas akhir yang sebentar lagi menyelesaikan Pendidikan mereka dan akan melanjutkan di tingkat Perguruan Tinggi. 

Sosialisasi dihadiri oleh sekitar 60 siswa dan siswi MAN 1 Bangka Barat. Mereka mengikuti kegiatan dengan tertib dan antusias. Materi pengenalan tentang IAIN SAS Babel dan secara khusus tentang prodi HES disampaikan oleh Kaprodi HES, Reno Ismanto, Lc., MIRKH.

Sebagai prodi baru di IAIN SAS Bangka Belitung, Prodi HES merupakan salah satu pilihan terbaik melanjutkan Pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi. “Lulusan prodi HES berhak menyandang gelar S.H, dan kedepannya SDM sarjana hukum sangat dibutuhkan di dunia kerja, baik oleh Lembaga/instansi pemerintahan ataupun Lembaga swasta. Prospek lulusan Prodi HES sangat luas, beragam dan menjanjikan. 

Lulusan Prodi HES dapat menjadi hakim, advokat, mediator, pengawas Lembaga keuangan syariah, konsultan hukum, aktivis hukum, legal drafter, dan profesi lainnya”, terang Reno Ismanto kepada siswa/siswi yang hadir.

Sementara tim kedua yang diketuai oleh Wakil Dekan II FSEI, Dr. Hendra Cipta, M.S.I melakukan sosialisasi di Pengadilan Agama Bangka Barat.Kegiatan ini disamping sebagai penguatan kelembagaan juga untuk meminta pandangan dari stakeholder terkait profil lulusan prodi HES, serta dinamika di bidang peradilan dan hukum, untuk dijadikan masukan bagi Prodi dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran. 

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat semakin memperkenalkan prodi-prodi baru yang ada di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung.

 

(Penulis : Reno Ismanto / Editor: Ika Robiantari)