Rapat Persiapan Akreditasi Perpustakaan IAIN SAS Babel

avatar Tong Hari
Tong Hari
Rapat Persiapan Akreditasi Perpustakaan IAIN SAS Babel

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Dalam rangka mempersiapkan penyusunan borang akreditasi perpustakaan 6 kriteria, Unit Perpustakaan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melakukan pembentukan kepanitiaan sebagai berikut: Penanggungjawab kegiatan ini dipimpin langsung oleh Wakil Rektor I Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag., Ketua Tim Dr. Noblana Adib, M.Pd.I, MA, Wakil Ketua Nelly Sanawiyah, S.Sos., M.M., Sekretaris Aisyah, A.Ma, Pust, Tim Penyusun, Dr. Indah Kusuma Dewi, M.Pd.I, Hilda Aryani, S.Ag, M.IP., Al Fakhri Zakirman, MA, Mahfudz Reza Fahlevi, M.Pd., Vera Wahyuni, M.Pd, Dody Sugiarto, M.Pd., Agung Fitrahadi, S.T.,M.T, Umi Asih Asnah Zubaidah, SIP, Suharni, S.Ag, Esti Kurniawati, S.I.Pust, Rulli Fajrin, S.I.Pust, Randa Wicaksono, S.IIP., Drs. H. Djamaludin. Tim Penyusun Borang akreditasi perpustakaan hadir dalam acara rapat persiapan penyusunan borang akreditasi perpustakaan tersebut yang berlangsung di Ruang Tandon Gedung perpustakaan Lantai I. 

Dalam pertemuan rapat perdana ini Ketua Tim Dr. Noblana Adib, M.Pd.I, MA langsung membagikan tugas kepada Tim Penyusunan Borang Akreditasi Perpustakaan 6 kriteria untuk persiapan pengisian instrumen akreditasi perpustakaan ini. Setiap kriteria ada dua orang yang bertanggung jawab dalam pengumpulan data dan pengisian instrumen akreditasi perpustakaan.

Kepala Unit Perpustakaan Umi Asih Asnah Zubaidah, S.IP., menjelaskan ketika rapat perdana ini mengenai pelbagai pengalaman Kepala Unit Perpustakaan dan Staf Perpustakaan yang telah mengadakan kegiatan visitting study ke pelbagai UPT Perpustakaan di PTN di Indonesia dan telah terakreditasi. Sebagai Kepala Unit Perpustakaan Umi Asih Asnah Zubaidah, S.IP sangat berharap bahwa kegiatan penyusunan borang akreditasi perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan akreditasi institusi yaitu IAIN SAS Babel, mencapai Indikator Kinerja Utama dan Indikator Kinerja Tambahan (IKU dan IKT) Perpustakaan yang terakreditasi nasional dan membangun Bangka-Belitung corner sehingga mampu melewat batas kelayakan dari nilai yang diinginkan serta memberikan masukan kepada perpustakaan yang akan mengajukan proses reakreditasi maupun akreditasi pertama.

Selanjutnya, wakil Ketua  persiapan akreditasi perpustakaan, Nelly Sanawiyah, S.Sos., M.M., juga menjelaskan bahwa rapat perdana ini menghimpun beberapa informasi yang diperoleh dan  masukan penting yaitu cara menyajikan data yang tepat untuk benar-benar siap dalam proses submit instrumen borang perpustakaan, karena menurut pengalaman tim yang sudah terakreditasi  dan juga sebagai eksekusi dalam tahap submit menilai banyak yang tidak mengetahui tahapan dan detail teknis yang harus dilampirkan saat submit sehingga terjadi penolakan oleh sistem yang berakibat pada keterlambatan proses asesmen. 

Berikutnya, ketika rapat, Pustakawan, Rulli Fajrin, S.I.Pust, juga memberikan masukan mulai dari penyajian data kuantitatif dan data kualitatif  pada instrumen borang. Kemudian, menurutnya pada saat menyusun nanti aturan yang di pakai oleh penyusun borang akreditasi perpustakaan kita, harus mengacu kepada perpustakaan nasional. Kemudian, Borang akreditasi perpustakaan juga wajib dilengkapi bukti fisik. Disinilah tugas penting tim anggota penyusun borang perpustakaan, mereka bertugas melengkapi mengisi borang dan mengadakan kelengkapan dokumen.

Rulli Fajrin, S.I.Pust  juga menjelaskan ada hal-hal yang mungkin agak tidak sesuai dengan template yang sudah ada sehingga kita berupaya untuk meluruskan lagi, menyamakan persepsi terkait batasan-batasan jumlah halaman, juga memberikan pemahaman tentang indikator kinerja utama dan kinerja tambahan yang sesuai dengan syarat yang dibutuhkan. Dalam penyusunan ini kita coba untuk merampungkannya dan saling bekerjasama serta berkoordniasi kepada ketua TIM dan Kepala Unit Perpustakaan, tutup Rulli Fajrin, S.I.Pust.

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan | Editor: H. Ika Robiantari)