Seminar Administrasi Keuangan dalam Organisasi  untuk FSEI yang Lebih Baik

avatar Mega Paraiyannie
Mega Paraiyannie
Seminar Administrasi Keuangan dalam Organisasi  untuk FSEI yang Lebih Baik
Foto bersama Narasumber dan Peserta Seminar

Penyerahan Sertifikat Kepada Nelly Sanawiyah, S.Sos., M.M. selaku Narasumber
Penyerahan Sertifikat Kepada Nelly Sanawiyah, S.Sos., M.M. selaku Narasumber

Penyerahan Sertifikat Kepada Dra. Enita Sari, M.E. selaku Narasumber
Penyerahan Sertifikat Kepada Dra. Enita Sari, M.E. selaku Narasumber

Suasana Kegiatan Seminar
Suasana Kegiatan Seminar


IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung adakan Seminar Administrasi Keuangan dalam Organisasi dengan tema "Memahami dan Meningkatkan Pengelolaan Administrasi Keuangan dan Kearsipan untuk Menciptakan Organisasi yang Taat Aturan dan Tertib Administrasi".

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, 28 April 2021 di Gedung Pascasarjana Lt. 2 ini dihadiri oleh perwakilan dari Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Himpunan Mahasiswa (HIMA) Hukum Keluarga Islam, HIMA Akuntansi Syariah, dan HIMA Perbankn Syariah yang masing-masing berjumlah 4 (empat) orang dari setiap organisasi.

Peserta yang dapat menghadiri Seminar Administrasi Keuangan dalam Organisasi  ini dibatasi mengingat pandemi COVID-19 masih menghantui Indonesia, khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bendi Fatama selaku Ketua Pelaksana menghadirkan dua orang Narasumber yang ahli dibidangnya, adalah Nelly Sanawiyah, S.Sos., M.M. (JFT Analis Pengelolaan Keuangan APBN) dengan materi mengenai Pengelolaan Keuangan dan Administrasi dalam Organisasi dan Dra. Enita Sari, M.E. (JFT Arsiparis) menyampaikan materi mengenai Tata Persuratan dan Kearsipan dalam Organisasi.

Nelly Sanawiyah, S.Sos., M.M. sebagai Narasumber  pada seminar ini  menjelaskan kepada peserta mengenai proses melaksanakan kegiatan dari perencanaan seperti mekanisme pengusulan Surat Keputusan (SK), sampai dengan proses laporan keuangan dan laporan kegiatan. Serta peserta diajak praktek langsung pembuatan surat, pengusulan Rencana Anggaran Biaya (RAB) sesuai Standar Biaya Masukan (SBM) dan Standar Biaya Internal (SBI) dan didukung Term of Reference TOR kegiatan.

Sejalan dengan itu, Dra. Enita Sari, M.E. juga memberikan materi dan praktek langsung tata cara/mekanisme pembuatan laporan kegiatan. Seminar ini tidak akan berjalan tanpa ada panitia yang mendukung satu sama lain. Seminar ini terlaksana merupakan hasil koordinasi Dr. Hendra Cipta, M.S.I selaku pembina dengan pengurus SEMA di FSEI. Harapan Hendra pengurus organisasi yg ada di FSEI bisa memahami dan menerapkan administrasi yang baik.

Seminar Administrasi Keuangan dalam Organisasi bertujuan untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam pembuatan surat atau laporan kegiatan yang memberikan dampak positif bagi Ormawa khususnya di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, seperti yang diungkapkan Ketua Pelaksana, “bahwa dengan terselenggaranya kegiatan seminar ini dilaksanakan dalam rangka meminimalisir kesalahan-kesalahan saat pembuatan surat menyurat kegiatan disetiap lembaga kemahasiswaan yang kemudian akan memberikan dampak yang lebih baik lagi pada seluruh  kegiatan yang diajukan”.

Bagas berharap setiap Ormawa dapat menyerap semua anggaran yang ada agar semua kegiatan dapat berjalan dengan baik. “selain itu saya berharap semua anggaran yang ada, mampu diserap oleh seluruh lembaga kemahasiswaan, sehingga semua kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik, namun itu semua tergantung pada lembaga kemahasiswaan, maupun dari sema fakultas, dema fakultas atau hima-hima yang mengajukan dan melaksanakan kegiatan, ungkap Bagas.

Dengan adanya pengelolaan keuangan dan administrasi yang baik serta tata persuratan dan kearsipan yang rapi dapat memberikan dampak positif terhadap Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam. “untuk terakhir supaya bisa memberikan dampak yang positif untuk Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam”, tutupnya.

 

(Penulis: Mega Paraiyannie | Editor: H. Ika Robiantari)