Serentak Se-Indonesia, IAIN SAS Bangka Belitung Gelar SSE UM-PTKIN Tahun 2021

avatar Tong Hari
Tong Hari
Serentak Se-Indonesia, IAIN SAS Bangka Belitung Gelar SSE UM-PTKIN Tahun 2021



IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Setelah melakukan uji coba pada minggu lalu, hari ini IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menggelar SSE (Sistem Seleksi Elektronik) penerimaan mahasiswa baru jalur UM-PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) Tahun 2021, Senin (24/05/2021).

Pelaksanaan SSE digelar serentak se-Indonesia dan diikuti oleh 58 PTKIN dan 1 PTN, IAIN SAS Bangka Belitung menjadi salah satu PTKIN yang turut dalam pelaksanaan SSE dengan jumlah pendaftar sebanyak 524 orang. Materi ujian UM-PTKIN dibagi menjadi tiga yakni: Tes Kemampuan Dasar / TKD (Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keislaman dan Baca Tulis Al-Quran) Tes Kemampuan Bidang IPA, Tes Kemampuan Bidang IPS. "Selama proses ujian, panitia juga menyediakan website helpdesk sapa.um-ptkin.ac.id. Melalui helpdesk tersebut, peserta dapat berkonsultasi untuk mengatasi kondisi seperti gagal login, terjadi bencana alam, atau berbagai kendala jaringan lainnya. Helpdesk akan menindaklanjuti laporan dan memberikan alternatif solusi bagi peserta," ujar Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag.

Untuk mengantisipasi khawatir listrik padam, Rusydi mengatakan pihaknya sudah menyiapkan kelengkapan sarana dan pra-sarana. “Kami sudah menyediakan mesin genset untuk mengantisipasi sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik, sehingga bisa langsung diatasi dan tidak mengganggu peserta ujian,” tambahnya.

SSE UM-PTKIN di IAIN SAS Bangka Belitung akan berlangsung selama 3 hari terhitung dari tanggal 24 s.d. 27 Mei 2021. Ketentuan ujian online UM-PTKIN untuk mengikuti ujian online, peserta harus menggunakan username dan password yang sesuai dengan yang tertera pada kartu ujian. Dalam satu hari, pelaksanaannya dibagi menjadi 3 sesi, yaitu pukul 07:30-9:30 WIB (Sesi 1), 10:30-12:30 WIB (Sesi 2), dan 13:30-15:30 WIB (Sesi 3).

Harapannya mudah-mudahan peserta bisa ikut semua karena memang terkait dengan jaringan, usahakan betul cari jaringan yang bagus agar hasilnya bagus, semoga bisa ikut semua dengan baik, lancar, sukses,” Dr.  Rusydi Sulaiman, M.Ag.  yang juga sebagai Ketua Panitia Lokal IAIN SAS Babel  saat meninjau langsung lokasi SSE menerangkan bahwa pelaksanaan SSE kali ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebagai salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, para peserta bisa melakukan ujian di rumah masing-masing dengan menggunakan PC maupun android, namun tetap dalam pengawasan panitia melalui kamera di masing-masing perangkat peserta.

Peserta yang tidak mematuhi tata tertib dan tata cara mengikuti ujian SSE UM-PTKIN, panitia akan menegur sebanyak dua kali pada aplikasi ujian. Bila teguran tidak diindahkan maka peserta akan didiskualifikasi dan dinyatakan gugur dari ujian.

Rusydi berharap pelaksanaan SSE di IAIN SAS Bangka Belitung berlangsung lancar dan kondusif. Beliau juga berharap penerimaan mahasiswa jalur UM-PTKIN ini dapat menjadi proses seleksi bagi calon mahasiswa yang hendak kuliah di IAIN SAS Bangka Belitung. Bagi calon mahasiswa yang belum berkesempatan mendaftar di jalur SPAN maupun UM-PTKIN, IAIN SAS Bangka Belitung masih membuka jalur penerimaan lain yakni jalur Mandiri yang masih dibuka masa pendaftaran mulai tanggal 3 Mei s.d. 25 Juni 2021 mendatang.

 

(Penulis: Tong Hari/Ayaknan & Mega Paraiyannie | Editor: H. Ika Robiantari)