Debat Konstitusi PKM II Se-Sumatera Sumbangkan Perak untuk Kontingen IAIN SAS Babel

avatar Mega Paraiyannie
Mega Paraiyannie
Debat Konstitusi PKM II Se-Sumatera Sumbangkan Perak untuk Kontingen IAIN SAS Babel
Kontingen Debat Konstitusi

Kontingen Debat Konstitusi IAIN SAS Babel dengan Wakil Rektor III
Kontingen Debat Konstitusi IAIN SAS Babel dengan Wakil Rektor III

Suasana Debat Konstitusi PKM II Se-Sumatera
Suasana Debat Konstitusi PKM II Se-Sumatera

IAINSASBABEL.AC.ID - PADANG. Final Debat Konstitusi pada Pekan Kretivitas Mahasiswa (PKM) II Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Se-Sumatera sedang berlangsung di Padang, Sumatera Barat yang dilaksanakan pada Selasa, 8 Juni 2021 di Fakultas Syariah, Gedung 3 Lantai 2. Kontingen IAIN SAS Babel bertemu dengan STAIN Bengkalis setelah menang melawan IAIN Batusangkar pada semifinal dengan skor 1480 untuk IAIN SAS Babel dan 1466 untuk IAIN Batusangkar.

Tidak hanya gelar Juara 2 yang berhasil diraih kontingen Debat Konstitusi IAIN SAS Babel, Best Speaker juga diraih salah satu kontingen IAIN SAS Babel, yaitu Anindita Rachmadewi. “Jauh-jauh dari Bangka Belitung membawa nama Kampus tercinta IAIN SAS Babel, kami selalu berusaha menampilkan yang terbaik selama perlombaan. Berbagai tahap demi tahap dilalui yang pada akhirnya kami berhasil mendapatkan juara 2 dan best speaker atas nama Anindita Rachmadewi”, jelas Anindita.

Selama berlomba di Padang berlangsung khususnya cabang lomba Debat Konstitusi, kontingen IAIN SAS Babel yakin dan siap berkompetisi melawan mahasiswa-mahasiswa hebat dari PTKIN se-Sumatera ini. Tim yang digawangi Anindita Rachmadewi, Dheanda Oktavelani dan Adi Saputra berhasil mendapatkan juara dua pada cabang Debat Konstitusi dengan bimbingan langsung dari Tauratiyah, M.H., salah satu dosen di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

“Dibimbing oleh ibu Tauratiya, M.H. yang selalu percaya akan kemampuan setiap mahasiswanya membuat kami selalu percaya diri. Untuk latihan sendiri kami melalui luring dan daring. Selama luring kami berlatih sekitar satu bulan lamanya. Untuk latihan daring kami lakukan sampai kami berada di Padang untuk memantapkan persiapan mosi dan diri kami sendiri”, ungkap Anindita.

"Alhamdulillah dalam PKM II tingkat Se-Sumatera, Tim debat konstitusi mampu meraih juara II. Sejak awal saya merasa yakin dengan kemampuan mereka, bahwa mereka mampu bersaing dengan Tim dari kampus lain. Semoga kedepannya dapat meraih hasil yang lebih baik," ujar Tauratiya.

Meskipun tidak didampingi langsung oleh Tauratiya, M.H. pelatih Debat Konstitusi di Padang, Kontingen IAIN SAS Babel berhasil membuktikan bahwa mereka mampu membawa pulang gelar juara 2 dan membawa pulang Medali Perak.

“Teruntuk adik-adik generasi penerus nantinya, tetaplah percaya diri dan asah kemampuan diri. Banyak orang-orang hebat di luar maka kita harus lebih hebat. Jangan pernah insecure karena keterbatasan. Jadikan keterbatasan sebagai tangga akan keberhasilan nanti”, pesan Best Speaker pada adik-adik mahasiswa IAIN SAS Babel sebagai penutup wawancara.

Best Speaker Debat Konstitusi PKM II Se-Sumatera mengungkapkan bahwa hasil ini tidak lepas dari do'a orang tua, Bapak Ibu Dosen, usaha dari tim yang belajar tanpa batas dan totalitas dan tak lupa bertawakal.

 

(Penulis: Mega Paraiyannie | Editor: Turmuzi)