IAIN SAS BABEL Gelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kemenag RI Ke-75

avatar Administrator
Administrator
IAIN SAS BABEL Gelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kemenag RI Ke-75
IAIN SAS BABEL Gelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kemenag RI Ke-75

Bangka (IAIN SAS BABEL) - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung laksanakan upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama Republik Indonesia. Dr. Zayadi, M.Ag., Rektor IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menjadi Pembina Upacara pada Peringatan HAB yang dilaksanakan di halaman depan Gedung Pascasarjana pada hari Selasa tanggal 5 Januari 2021 pagi.

Kementerian Agama Republik Indonesia berdiri pada 3 Januari 1946, untuk itu setiap tanggal 3 Januari setiap tahunnya diperingati sebagai HAB Kementerian Agama. Pada tahun 2021 ini upacara peringatan HAB Kementerian Agama ke-75 dilaksanakan pada tanggal 5 Januari 2021 sesuai dengan Surat Edaran Nomor 69 Tahun 2020 tanggal 30 Desember 2020.

Peringatan HAB tahun ini mengusung tema "Indonesia Rukun". Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Dalam sambuatan Menteri Agama Republik Indonesia yang dibacakan oleh Pembina Upacara, Menteri Agama berterimakasih dan mendoakan para perintis, pendiri dan pembangun Kementerian Agama, “Selayaknya kita berterima kasih dan mendoakan semoga amal bakti para perintis, pendiri dan pembangun Kementerian Agama mendapat rida dari Tuhan Yang Maha Kuasa, dan kita semua diberi kekuatan dalam melanjutkan cita-cita mereka untuk kepentingan bangsa, negara dan agama”.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas di Negara yang berdasarkan Pancasila ini. Seperti yang dituangkan dalam sambutannya, “Di negara yang berdasarkan Pancasila ini, tidak ada diktator mayoritas atau tirani minoritas. Dalam kaitan itu, semua umat beragama dituntut untuk saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, di mana hak seseorang dibatasi oleh hak-hak orang lain”.

Sebelum sambutannya, beliau mengajak kita semua mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang.

Selama berjalannya upacara, para petugas dan peserta upacara menaati protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker hingga upacara selesai. Rangkaian acara pada Upacara Peringatan HAB Kemenag Ke-75 ini antara lain Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Kementerian Agama.  Selain itu Pembacaan Teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945 dan Lima Nilai Budaya Kementerian Agama.

Kompak mengikuti upacara, para petugas dan peserta menggunakan pakaian seragam dengan atasan berwarna putih dan bawahan berwarna hitam, untuk para ibu-ibu menggunakan jilbab berwarna putih. [mega]