Jalankan Program Desa “Mahasiswa KKN IAIN SAS Bangka Belitung Desa Bukit Kijang dapat Ilmu Baru”

avatar Tong Hari
Tong Hari
Jalankan Program Desa “Mahasiswa KKN IAIN SAS Bangka Belitung Desa Bukit Kijang dapat Ilmu Baru”


IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA TENGAH. Dalam menwujudkan program kerja dari kantor Desa Bukit Kijang Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, melakukan penanaman bibit sayuran yang melibatkan mahasiswa KKN IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung di Bukit Kijang Kecamatan Namang. Kegiatan ini berlangsung pada hari Minggu pagi, tanggal 24 Oktober 2021.

Mika selaku Kasi Perencanaan di kantor Desa Bukit Kijang menugaskan serta mengarahkan mahasiswa KKN. Selain itu, beliau juga menyampaikan  Bagaimana cara mengolah tanah, kompos dan bibit yang akan diolah hingga ke proses perawatan bibit-bibit tersebut. Memanfaatkan halaman di sekitaran Kantor Desa, berbeda dengan lahan pertanian secara umum, oleh sebab itu halaman kantor desa yang relatif sempit digunakan semaksimal mungkin.  

Pemanfaatannya dalam tanaman harus di rencanakan sedemikian rupa sehingga dapat berfungsi secara optimal. Adapun bibit yang ditanam seperti bibit Cabe, Terong, Bayam, dan Sawi keriting. Tak hanya memberikan ilmu dan pengetahuan baru kepada mahasiswa KKN yang berbeda latar belakang dengan jurusan mereka namun tujuan penting dari kegiatan penanaman bibit ini juga nantinya diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada lingkungan desa bukit kijang, bibit-bibit tersebut akan dibagikan kepada masyarakat setempat untuk dapat di manfaatkan hasilnya.

 

Penulis : Mahasiswa KKN Desa Bukit Kijang