Kelompok 5 KKN IAIN SAS BABEL Bantu Sukseskan Vaksinasi di Puskesmas Lubuk Besar

avatar Tong Hari
Tong Hari
Kelompok 5 KKN  IAIN SAS BABEL Bantu Sukseskan Vaksinasi di Puskesmas Lubuk Besar




IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA TENGAH. Untuk mensukseskan vaksinasi massal  yang berperan aktif bukan hanya intansi terkait, tetapi juga elemen lainnya. Salah satu elemen yang ikut aktif mensukseskan program pemerintah itu adalah mahasiswa IAIN SAS Bangka belitung  yang tengah menjalani KKN. Sebanyak 16 mahasiswa KKN IAIN SAS Bangka Belitung di Lubuk Besar tersebut ikut aktif membantu tenaga kesehatan dan pihak kelurahan mensukseskan pelaksanaan vaksinasi.

Mereka berperan aktif mulai dari pendaftaran, pengukuran suhu tubuh dan mengarahkan masyarakat yang akan divaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 serta mengatur tata lokasi pelaksanaan vaksinasi dosis pertama dan kedua.

Jum'at dan Sabtu dimulai pukul 7.30 WIB menjadi rutinitas vaksin umum yang bertempat di Puskesmas Desa Lubuk Besar, Dusun Simpang Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten  Bangka Tengah, dilaksanakan  kegiatan Penyuntikan Vaksin baik tahap pertama maupun kedua dengan jenis Vaksin Sinovac, Moderna dan Astra Zeneca untuk warga yg belum melaksanakan vaksin,  kegiatan dilaksanakan oleh Tim Medis Puskesmas Lubuk Besar sebanyak 8 orang tenaga kesehatan,  Aparatur Desa Lubuk Besar dan dipantau oleh Bhabinsa Desa Lubuk Besar Simpang.

Adapun tahapan Vaksinisasi tersebut sebagai berikut Tahap pertama melakukan pendaftaran,  Tahap dua Skrening dan Tahap tiga penyuntikan Vaksinisasi.Pelaksanaan Vaksinasi berlangsung sampai jam 13.00 WIB, selama kegiatan, mahasiswa KKN ikut membantu Tim medis dalam administrasi pendaftaran,  memeriksa suhu badan dan tekanan darah serta pembagian surat vaksin.

Pada kesempatan tersebut  Tim medis mengingatkan kepada masyarakat yang hadir untuk tetap menerapkan protokol kesehatan diantaranya pakai masker yang baik benar, jaga jarak, dan jangan lupa cuci tangan sehabis kegiatan, maupun menjelang kegiatan demi terhindarnya dari Virus Covid 19. Semua petugas dan mahasiswa KKN  yang terlibat dalam kegiatan vaksinasi mengucapkan terimakasih kepada Bhabinsa dan Aparatur Desa  atas kerjasamanya sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan aman, lancar sesuai harapan.

Dengan adanya kegiatan mahasiswa KKN IAIN SAS Bangka Belitung ini diharapkan menjadi salah satu perwujudan dari Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa harus dituntut mampu bersosialisasi dengan masyarakat dan berkontribusi secara nyata yang nantinya akan menjadi agent of change di tengah masyarakat.

 

Penulis : Shofi Peserta KKN IAIN SAS Bangka Belitung