Mahasiswa KKN IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Pelatihan Kewirausahaan

avatar Tong Hari
Tong Hari
Mahasiswa KKN IAIN SAS Bangka Belitung Gelar Pelatihan Kewirausahaan


IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan pengejawantahan Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT). Ini meliputi pendidikan,  penelitian dan pengabdian masyarakat. Setelah mahasiswa melakukan proses pendidikan formal di bangku kuliah, tugas selanjutnya yakni mampu menjadi penggerak masyarakat.

Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Kerja Nyata (KKN) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mengadakan kegiatan edukasi pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kegiatan ini ditujukan untuk warga yang berwirausaha di Desa Puding Besar, Jumat (19/11/2021).

Dalam kegiatan ini, antusiasme warga Desa Puding Besar cukup tinggi. Hal ini bisa dilihat ketika mereka dengan seksama memperhatikan penjelasan mengenai Pelatihan Kewirausahaan yang disampaikan oleh konsultan SDM PLUT KUMKM provinsi kepulauan Bangka Belitung Akbar Riandi dan Nina Ikrima Founder UMKM "Dapur Mak Kami".

Kegiatan edukasi pengembangan UMKM ini bertujuan memberikan informasi mengenai strategi pemasaran produk. Target utama terfokus pada ibu - ibu PKK dan warga yang mempunyai UMKM mikro, kecil, maupun menengah. Warga yang menghadiri kegiatan edukasi memiliki usaha yang beragam, mulai dari keripik singkong, keripik pisang, teh gambir yang merupakan produk andalan desa Puding Besar.

Rochmat Triyono selaku Ketua KKN IAIN SAS Bangka Belitung Kelompok 41 Puding Besar berharap dengan adanya kegiatan edukasi strategi pemasaran bagi UMKM di Desa Puding Besar ini bisa membantu para wirausahawan yang sedang merintis usaha maupun yang sudah memiliki nama di pasaran dapat menjangkau pasar mereka lebih luas lagi.

 

 

(Penulis: Rochmat Triyono -  Peserta KKN IAIN SAS Bangka Belitung)