PIK-R Mutiara IAIN SAS BABEL Kunjungi BKKBN

avatar Tong Hari
Tong Hari
PIK-R Mutiara IAIN SAS BABEL Kunjungi BKKBN
Foto Bersama PIK-R Mutiara di BKKBN Provinsi Kepualauan Bangka Belitung

PIK-R Mutiara sharing dengan Ibu Mika Triana, S.Psi. atau akrabnya disapa Mami Mika
PIK-R Mutiara sharing dengan Ibu Mika Triana, S.Psi. atau akrabnya disapa Mami Mika

Penyerahan SK dari Ketua Umum PIK-R Mutiara, Muhammad Fadillah Prayogie kepada Kasubbidang Kesehatan Reproduksi, Dr. Nofianti.
Penyerahan SK dari Ketua Umum PIK-R Mutiara, Muhammad Fadillah Prayogie kepada Kasubbidang Kesehatan Reproduksi, Dr. Nofianti.

IAINSASBABEL.AC.ID - PANGKALPINANG.  Pusat Informasi dan Koseling Remaja (PIK-R) Mutiara IAIN SAS BABEL berkunjung ke Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Rombongan PIK-R Mutiara yang berkunjung diantaranya Ketua Umum, Ketua Divisi, beberapa Dewan Pengurus Harian (DPH) dan Demisioner/Anggota Luar Biasa PIK-R Mutiara IAIN SAS BABEL. Senin (15/03/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka penyerahan Surat Keputusan (SK) ke BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, SK tersebut merupakan suatu bentuk keterkaitan PIK-R yang masih dalam naungan BKKBN, dan juga jika kedepannya pihak BKKBN mengadakan kegiatan PIK atau GenRe serta kegiatan lainnya, maka PIK-R Mutiara akan lebih sering dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Penyerahan SK dari Ketua Umum PIK-R Mutiara, Muhammad Fadillah Prayogie yang kemudian diterima oleh Kasubbidang Kesehatan Reproduksi, Dr. Nofianti.

Karena tujuan awal telah tersampaikan, para anggota PIK-R Mutiara juga manfaatkan kesempatan tersebut untuk sharing masalah kegiatan, pelatihan terkait pendidik sebaya dan konselor sebaya, dan bagaimana mengembangkan mitra ataupun relasi terhadap pihak-pihak terkait. 

Pada kunjungan tersebut rombongan PIK-R Mutiara menemui Ibu Mika Triana, S.Psi. atau akrabnya disapa Mami Mika. Mami Mika memberikan banyak gambaran kegiatan yang menginspirasi, "karena kalian ini remaja maka akan lebih menarik jika kegiatan-kegiatannya adalah yang seru dan inovatif, bisa seperti mendaki sambil sharing tentang permasahan remaja seperti penikahan dini dan lain sebagainya, tetapi melaui obrolan yang ringan. Dengan kegiatan baksos turun kejalan untuk membersihkan sampah itu juga keren, yang penting ketika remaja disibukan dengan aktivitas bermanfaat seperti itu maka mereka tidak akan kepikiran nih untuk nikah pada usia dini, narkoba, dan lain sebagainya, karena mereka dipenuhi dengan kegiatan yang positif," tutur Mami Mika. 

Tak lupa kunjunganpun diakhiri dengan foto bersama dan juga ucapan semangat dari Mami Mika untuk PIK-R Mutiara agar terus melanjutkan perjungan serta aktif di media sosial untuk membagikan kegiatan dan juga informasi terkait remaja. Karena PIK-R menariknya di sini adalah figurnya merupakan remaja, yang memang dari remaja, oleh remaja dan untuk remaja.

 

(Penulis: Nur Deviana Kurnia Barkah, Ketua Divisi Ilmu dan Konseling PIK-R Mutiara yang juga mahasiswi Prodi BKPI Fakultas Tarbiyah IAIN SAS BABEL)