Program Studi Hukum Keluarga Islam Adakan Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL)

avatar Tong Hari
Tong Hari
Program Studi Hukum Keluarga Islam Adakan Pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL)





IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Prodi Hukum Keluarga Islam (Ahkwal Syakhsiyah) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung pada hari Senin (12/7/2021) menyelenggarakan kegiatan pembekalan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang berlangsung digedung Rektorat Pasca Sarjana Lantai II IAIN SAS BABEL.

Pesertanya adalah Mahasiswa yang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yaitu Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Islam semester 6 angkatan 2018. Pembekalan kali ini mengusung tema ‚ÄúPengembangan Skill Akademik Mahasiswa Hukum Keluarga Islam Yang Unggul, Religius dan Profesional. 

Acara tersebut dihadiri oleh Dekan FSEI Dr. H. Muh. Misdar, M.Ag. yang sekaligus membuka kegiatan Pembekalan Praktik Kerja Lapangan, Wakil Dekan I Dr. Hendra Cipta, M.S.I., Wakil Dekan II Dr. Wulpiah, M.Ag. Kaprodi Hukum Keluarga Islam Dr. Tinggal Purwanto. M.S.I., dan juga dihadiri para Dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

Dalam sambutannya Dekan FSEI Dr. H. Muh.Misdar, M.Ag. menyampaikan bahwa kegiatan PKL (Praktik Kerja Lapang) sangat penting bagi mahasiswa tingkat akhir karena ini merupakan suatu rangkaian kegiatan yang berpengaruh untuk mereka bekerja nanti,beliau juga berpesan agar seluruh peserta yang mengikuti kegiatan PKL dengan bersungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab serta menjaga nama baik diri sendiri, dosen dan instansi, baik dari fakultas dan IAIN SAS BABEL, ujarnya.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini tentunya dilaksanakan di empat lingkungan Pengadilan Agama, yaitu Pengadilan Agama Pangkal pinang, Pengadilan Agama Sungailiat, Pengadilan Agama Muntok dan Pengadilan Agama Tanjung Pandan, Belitung. Oleh sebab itu sebelum mahasiswa berangkat ke lokasi PKL masing-masing, maka dilakukan pembekalan terlebih dahulu. Adapun tujuan dari pembekalan ini yaitu untuk meningkatkan skill akademik mahasiswa agar mereka benar-benar matang  dan siap dalam pelaksanaannya.

Dalam pembekalan tersebut mahasiswa di bekali dengan materi dari para narasumber yaitu, Muhammad Syarif, S.H.I, M.H. selaku Wakil Ketua Pengadilan Agama Muntok. dan Hermanto, S.H.I. selaku Hakim Pengadilan Agama Pangkalpinang Kelas 1 A.

 

(Penulis: Megi Aprilian - Sekretais Hima HKI & Melda Safutri - Mahasiswa Prodi HKI)