RMB IAIN SAS Bangka Belitung Melaunching Desa Rintisan Moderasi Beragama

avatar Tong Hari
Tong Hari

107 x dilihat
RMB IAIN SAS Bangka Belitung Melaunching Desa Rintisan Moderasi Beragama
RMB IAIN SAS Bangka Belitung Melaunching Desa Rintisan Moderasi Beragama


IAINSASBABEL.AC.ID BANGKA. Rumah Moderasi Beragama (RMB) Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abbdurrahman Siddik Bangka Belitung (IAIN SAS Babel),  mensosialisasi sekaligus melaunching Desa Rintisan Moderasi Beragama di Batu Belubang, Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah, Minggu 31/3/2024.

Sosialiasi dan Pembinaan rintisan kampung moderasi beragama dibuka oleh  Rektor IAIN SAS Babel Dr. Irawan, M.S.I, bersama Plt Kepala Kanwil Kemenag Babel , H. Firmantasi, S.Ag., M.H., Kepala Desa Batu Belubang, Ahirman B, dan unsur Forkopimda serta diikuti oleh 70 orang peserta yang terdiri dari tokoh Agama Kristen, Konghucu, Budha, Islam dan tokoh masyarakat.

Kepala Desa Batu Belubang Ahirman B, menerangkan bahwa Desa Batu Belubang memiliki 4000 penduduk, mayoritas beragama Islam. Selain itu ada yang menganut agama Kristen, Konghucu, Budha dan Katolik. 

‚ÄĚKerukunan umat beragama di Desa Batu Belubang sangat tinggi. Apalagi toleransinya. Kegiatan-kegiatan kemasyarakatan diikuti oleh semua agama saling bekerja sama dan membantu," ucap Ujar Ahirman saat sosialisasi perintisan KMB.

Ahirman berharap, dengan dirintisnya desa kami sebagai Desa Moderasi Beragama, semoga ke depan menjadi contoh terhadap Desa lainnya bahkan akan lebih dikenal di Indonesia.

Plt. Kepala Kanwil Kemenag Babel H. Firmantasi, S.Ag., M.H mengatakan bahwa moderasi beragama sudah lama dicanangkan dan digaungkan Kementerian Agama mulai dari era Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Dan di masa kepemimpinan Gus Yaqut ini, lebih spesifik lagi serta masuk dalam program prioritas.

Sementara, Rektor IAIN SAS Babel Dr. Irawan, M.S.I, menyampaikan Terima kasih kepada Ketua dan Sekretaris RMB IAIN yang melaksanakan Sosialiasi dan Pembinaan rintisan Desa Moderasi Beragama ini dan mendukung salah program IAIN SAS Babel. Juga berterima kasih kepada Kades Desa Batu Belubang yang bersedia menjadi mitra kegiatan mulia ini.

Melalui program Pembinaan rintisan Desa Moderasi Beragama ini diharapkan Desa Batu Belubang dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam mewujudkan kerukunan dan toleransi beragama. 

Ketua RMB IAIN SAS Babel Dr. H. Masmuni Mahatma, S.Fil.I., M.Ag., menegaskan Rintisan Desa Modersasi Beragama ini merupakan kerjasama dengan Kanwil Kemenag Babel, Paroki Katedral Pangkalpinang, dan Kades Batu Belubang. Rintisan ini akan ditindaklanjuti dengan program-program pembinaan berbasis Moderasi Beragama secara kontinu.

"Moderasi beragama bukan sekadar wacana, melainkan sikap yang mesti diimplementasikan sehingga terbangun silaturrahim dan interaksi keagamaan yang teduh di masyarakat. Termasuk melalui Sosialiasi dan Pembinaan rintisan Desa moderasi beragama ini," imbuhnya.(*)

Penulis : Ayaknan