SPAN-UM PTKIN 2021 Diluncurkan, IAIN SAS Babel Siap Terima Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022

avatar Mega Paraiyannie
Mega Paraiyannie
SPAN-UM PTKIN 2021 Diluncurkan, IAIN SAS Babel Siap Terima Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022
Peluncuran dan Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2021 secara luring

Peluncuran dan Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2021 secara daring
Peluncuran dan Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2021 secara daring

IAIN SAS Babel ikuti Zoom Meeting Peluncuran dan Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2021 secara daring
IAIN SAS Babel ikuti Zoom Meeting Peluncuran dan Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2021 secara daring

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) merupakan pola seleksi nasional oleh Kementerian Agama Republik Indonesia untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang berprestasi akademik tinggi dari siswa/i SMA/SMK/MA/MAK/Pesantren Mu’adalah agar memperoleh Pendidikan Tinggi di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) atau Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di seluruh Indonesia.

Peluncuran SPAN-UM PTKIN 2021 dilaksanakan secara luring di Kampus UIN Raden Intan Lampung, Novotel Lampung dan Tegal Mas Resort Lampung. Dilaksanakan juga secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor/Ketua PTKIN, Wakil Rektor/Ketua PTKIN, Bagian Akademik, TIK dan Humas dari seluruh PTKIN se-Indonesia pada Hari Rabu – Jum’at, tanggal 13-15 Januari 2021.

Wakil Rektor I, Dr. Rusydi Sulaiman, M.Ag. mengungkapkan bahwa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung akan lakukan sosialisasi dan promosi secara optimal sedini mungkin melalui mahasiswa, fakultas dan institusi, karena akan ada penambahan kuota yang lebih signifikan dengan sebaran yang merata dari seluruh program studi di IAIN SAS Babel.

“sejak transformasi dari STAIN ke IAIN pada April 2018, kita sudah melakukan langkah-langkah yang signifikan terkait dengan rekrutmen mahasiswa baru. Lebih spesifik tentang kesiapan SPAN di tahun 2021, tentunya kita akan melakukan langkah-langkah yang lebih optimal. Pertama mensosialisasikan informasi ini sedini mungkin ke masyarakat luas atau masyarakat yang ingin anaknya menjadi peserta didik di IAIN SAS Babel. Yang kedua, selain sosialisasi, kita juga akan mengevaluasi prodi terkait dengan jumlah mahasiswa yang diserap ditahun-tahun sebelumnya. Evaluasi terkait minat mahasiswa. Jadi saya menghimbau kepada pihak prodi dan fakultas untuk menyiapkan persiapan yang matang. Ketiga, kita akan melengkapi kebutuhan sarana dan prasarana karena kedepannya kita akan menambah kuota terutama di Jalur SPAN, sesuai dengan harapan rektor juga. Menambah kuota adalah prioritas kita, dengan sebaran yang normal antar prodi. Kemudian yang keempat, terkait dengan jumlah mahasiswa, dengan kebutuhan dosen dan semangat penguatan kelembagaan kita kedepan, kita juga akan mengajukan prodi baru, misalnya di Fakultas SEI (Syariah dan Ekonomi Islam) kita sudah berencana membuka misalnya 2 prodi baru. Wadek 1 Fakultas SEI sudah melakukan langkah itu dan segera akan berkoordinasi dengan LPM, dan akan dibahas. Jadi kita punya semangat untuk mengusulkan prodi baru untuk menyikapi minat dan kecenderungan calon mahasiswa ”, papar Rusydi.

Menindaklanjuti hal itu, tim publikasi SPAN-PTKIN IAIN SAS Babel telah siapkan cara-cara sosialisasi dan promosi, baik itu menggunakan media cetak, media elektronik dan media online tentunya. Diantaranya melalui iklan pada spanduk, brosur, radio, koran, sosial media, web, kanal online, dll dalam bentuk gambar, video atau audio.

Begitu juga dengan Kusnadi, S.Kom., M.M. Pengembang Teknologi Pembelajaran yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbag Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, beliau mengatakan bahwa pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri masih tetap dilaksanakan secara online melalui laman e-Campus IAIN SAS Babel (http://ecampus.iainsasbabel.ac.id/) untuk mengurangi adanya kerumunan dibeberapa titik, mengurangi biaya transportasi dan mengurangi penggunaan kertas, sekaligus untuk memudahkan calon mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan di IAIN SAS Babel. Laman e-Campus dapat digunakan mulai dari pendaftaran ulang mahasiswa baru Jalur SPAN-PTKIN, pendaftaran mahasiswa baru Jalur UM-PTKIN dan Jalur Mandiri. Semua akan terpusat pada laman e-Campus, mulai dari info pendaftaran, syarat, jadwal pendaftaran dan lainnya.

Berikut informasi terkait tanggal-tanggal penting Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN Tahun 2021:

Pengisian & Verifikasi PDSS: 19 Januari – 17 Februari 2021
Pendaftaran: 19 Februari – 15 Maret 2021
Seleksi Tahap I: 19 – 23 Maret 2021
Seleksi Tahap II : 25 – 29 Maret 2021
  

Informasi terkait Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur SPAN-PTKIN dapat diakses melalui laman https://iainsasbabel.ac.id/, Instagram di @iainbabel, Facebook di @iainsasbabel dan Twitter di @iainsasbabel. [tmz]