Tips Merawat Kesehatan Mental Bagi Remaja di Massa Covid 19 Menurut Dosen IAIN SAS Babel

avatar Tong Hari
Tong Hari
Tips Merawat Kesehatan Mental Bagi Remaja di Massa Covid 19 Menurut Dosen IAIN SAS Babel
Peserta Webinar

IAINSASBABEL.AC.ID - Bangka, 25/6/2021. Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI), Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung gelar webinar tentang kesehatan mental bagi remaja di massa pandemi covid 19.

Kegiatan ini mengusung tema “Menjaga Kesehatan Mental pada Remaja di Masa Pandemi Covid-19", dengan peserta dari berbagai kampus di Bangka Belitung dan di luar Bangka Belitung serta diikuti Dosen IAIN SAS. Webinar ini merupakan tindak lanjut dari Mata Kuliah Kesehatan Mental yang diampu oleh  dosen Prodi BKPI Siska Dwi Paramitha, M.Psi.,Psikolog.

Webinar mahasiswa BKPI tahun 2021 memiliki tujuan untuk mengajak remaja agar tetap menjaga kesehatan mental selama masa Pandemi Covid-19.

Komariah, S.Psi.,M.Pd, Narasumber dalam kegiatan webinar ini menyampaikan, selama masa pandemi berbagai permasalahan yang muncul pada generasi muda terutama remaja. "Remaja yang sebagian besar adalah peserta didik dan juga mahasiswa dituntut untuk mengikuti pembelajaran secara online. Ruang gerak remaja terbatas, akhirnya memunculkan berbagai permasalahan, terutama permasalahan yang berkaitan dengan Kesehatan mental," Terang Komariah.

Menurutnya, remaja butuh tips dan trik dalam menghadapi berbagai permasalahannya di massa pandemi. Diantaranya adalah dengan mencari tahu permasalahan yang sedang dihadapi, kemudian fokus pada diri sendiri, lalu menambah wawasan dengan terus mengikuti berbagai kegiatan dan berserah diri kepada Sang Pencipta.

"Intinya kita harus mengenal diri sendiri, bila sedang menghadapi permasalahan jangan lari darinya, hadapi dan cari tahu tentang permasalahan itu dan jangan lupa berserah diri pada Sang Pencipta jika kita telah berusaha," jelas Komariah

Komariah berharap webinar ini bisa menambah wawasan bagi remaja dalam melihat permasalahan yang dihadapinya selama masa pandemi. Selain itu dengan adanya webinar ini bisa mencegah terjadinya permasalahan yang ada pada remaja dan mereka bisa menyelesaikannya. (*)

 

Penulis : Komariah & Rodita Maharani