Di Sambut Antusias, Mahasiswa KKN Desa Bukit Kijang Lakukan Sosialisasi Mengenai Kenakalan Remaja di SMP N 2 Namang

avatar Tong Hari
Tong Hari
Di Sambut Antusias, Mahasiswa KKN Desa Bukit Kijang Lakukan Sosialisasi Mengenai Kenakalan Remaja di SMP N 2 Namang




IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA TENGAH. Mahasiswa KKN Kelompook 16 IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung di Desa Bukit Kijang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi “Pencegahan Kenakalan Remaja Demi Terwujudnya Generasi Muda yang Berkualitas”. Kegiatan ini diselenggarakan di SMP N 2 Namang Kabupaten Bangka Tengah dilakukan pada hari Rabu, 27 Oktober 2021 yang disambut baik dan antusias oleh pihak sekolah. Sasaran dari sosialisasi ini adalah siswa-siswi SMP N 2 Namang yaitu kelas VII, VIII, dan IX. Narasumber dari kegiatan ini yaitu Chitra Fraghini, M.Psi., Psikolog yang merupakan Dosen Psikolog dari IAIN SAS Bangka Belitung.

Tujuan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian mahasiswa/i KKN terhadap lingkungan sekitar yang mana masa remaja adalah masa yang perkembangannya dari anak-anak ke dewasa. Sosialisasi ini lebih membahas bagaimana cara mencegah kenakalan remaja terkait penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.  

Sementara itu, Chitra Fraghini dalam pemaparan materinya menyampaikan paling tidak ada 2 faktor yang menyebabkan terjadinya kenakalan remaja secara umum.

“Kenakalan remaja disebabkan oleh dua faktor, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi faktor kepribadian, kondisi fisik, dan faktor status serta peran di masyarakat. Sedangkan faktor eksternal meliputi kondisi lingkungan keluarga, kontak sosial yang kurang efektif, dan kondisi geografis alam.” Ungkap Citra.

Lebih lanjut Citra juga menyampaikan bahwa sebagai seorang terpelajar sudah seyogyanya para siswa dapat menjauhi segala kenakalan remaja dan menjadi pemuda dan aktif dan berprestasi di masyarakat.

Selama kegiatan berlangsung  siswa-siswi mengikuti sosialisasi dengan antusias. Kemudian dalam kegiatan berlangsung Chitra Fraghini menyampaikan kepada siswa-siswi untuk menjadi generasi yang berkualitas seperti Pertama, sadar pentingnya peran dimasa mendatang. Kedua, berproses dalam berpendidikan demi pencapaian kualitas diri. Dan Ketiga, menjadi pemimpin di masa mendatang, Tutup Citra.

 

Penulis : Syafira Peserta KKN IAIN SAS Babel