Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel Berperan Aktif Bantu Kegiatan MPLS di SMPN 1 Gantung

avatar Tong Hari
Tong Hari

52 x dilihat
Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel Berperan Aktif Bantu Kegiatan MPLS di SMPN 1 Gantung
Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel Berperan Aktif Bantu Kegiatan MPLS di SMPN 1 Gantung



IAINSASBABEL.AC.ID BANGKA. Sebagai bagian dari kegiatan pengabdian Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 3 dari IAIN SAS Babel berpartisipasi dalam kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMPN 1 Gantung. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, dimulai pada 7 Juli hingga 9 Juli 2024.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bertujuan untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru serta dapat berinteraksi dan berkenalan dengan teman baru.

Para mahasiswa KKN ini turut serta dalam berbagai kegiatan MPLS, termasuk memberikan materi pengenalan lingkungan sekolah, permainan edukatif, serta memberikan motivasi kepada siswa baru tentang penyalahgunaan pemakaian gadget dan Cara efektif dalam belajar. Keterlibatan mereka dalam MPLS diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga baik bagi mahasiswa maupun siswa SMP 1 Gantung.

"Kami sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan MPLS ini. Selain berbagi pengetahuan dengan adik-adik, kami juga belajar banyak tentang bagaimana berinteraksi dengan siswa dan mengelola kegiatan pendidikan," ujar Wilda, salah satu mahasiswa KKN.

Kepala SMP 1 Gantung Firman, menyampaikan apresiasinya atas partisipasi mahasiswa KKN. "Kehadiran mahasiswa KKN sangat membantu kami dalam melaksanakan MPLS. Mereka membawa semangat dan ide-ide segar yang sangat bermanfaat bagi siswa baru kami."

Kegiatan MPLS di SMP 1 Gantung ini diakhiri dengan upacara dan bersalaman antara siswa baru dan guru-guru beserta para mahasiswa KKN, yang menambah semarak suasana dan mempererat hubungan antara siswa dan mahasiswa. Dengan berakhirnya kegiatan ini, diharapkan siswa baru SMPN 1 Gantung dapat lebih siap menjalani masa pendidikan mereka dengan semangat dan antusiasme yang tinggi.(*)