Mahasiswa KKN Kelompok 11 IAIN SAS Babel Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas di SMPN 3 Membalong

avatar Tong Hari
Tong Hari

195 x dilihat
Mahasiswa KKN Kelompok 11 IAIN SAS Babel Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas di SMPN 3 Membalong
Mahasiswa KKN Kelompok 11 IAIN SAS Babel Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas di SMPN 3 Membalong



IAINSASBABEL.AC.ID BANGKA.  Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 11 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung  melakukan sosialisasi bahaya narkoba dan Pergaulan Bebas  di SMP Negeri 3, Desa Lassar, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung, Selasa 5/9/2023).

Kegiatan Sosialisasi ini bertema "Bahaya Pergaulan Bebas pada Penggunaan Narkoba bagi Bangsa "   Mahasiswa KKN Kelompok 11 dari tiga Fakultas yang beranggota nama Muhammad Hidayatul Mustafid (BKI), Ayu Sari (BKI), Ramadi Miizan (KPI), Mutiara Andini (PI), Romadani (AS), Feffi Dewanti (PS), Tarisna ( PS), Dila Febriyanti (BKPI), Muhamad Dicky Riduan (PAI), Citra Ditama (PAI), Nurmala (PAI), Sherly Oktaviani (PAI), Dini Oktaviani (PAI), Vicky Fikriyanto (PAI), Annisa Fitriana (PBA), Aisyah Faradila Rama (PIAUD), dan Madian Hibi (TBI). Mereka semua dibawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Furziah, M. H

Perwakilan kelompok KKN, M. Hidayatul Mustafid  mengatakan, tujuan sosialisasi tersebut untuk menambah pengetahuan dan wawasan siswa tentang perbuatan menyimpang dari kenakalan remaja dan bahaya narkotika. “Kegiatan ini kami lakukan melalui persetujuan dari pihak sekolah ,” katanya.

Ia menyebutkan, Kepala sekolah SMPN 3 sendiri sangat mendukung dengan sosialisasi pergaulan bebas dan bahaya narkoba, dan pihak sekolah mengucapkan terima kasih kepada  mahasiswa karena telah menerapkan hal positif dari pencegahan penyimpangan tersebut.

Lanjutnya, dalam sosialisasi ini mahasiswa memperkenalkan jenis serta bahaya  dari pemakaian obat-obatan terlarang seperti narkotika, sabu, rokok, dan ganja. Kenakalan remaja adalah suatu hal yang sangat perlu diberitahukan bahwa penyimpangan tersebut tidak berefek baik bagi siswa. Dimana kenakalan remaja dapat membuat anak tidak bisa dikendalikan sehingga muncul perilaku yang merugikan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

“Sosialisasi ini kami lakukan karena melihat dari anak-anak remaja saat ini yang sudah banyak sekali terpengaruh pada hal buruk salah satunya pergaulan di lingkungan seperti balap liar, merokok, dan banyak hal lain yang perlu untuk diantisipasi,” tutupnya

Kepala Sekolah SMPN 03 Membalong Khoirul, S.Pd menyambut dengan baik kehadiran mahasiswa KKN IAIN SAS Babel di Desa Lassar apalagi ada kegiatan yang positif bagi peserta didik agar mereka bisa terhindar dari pergaulan bebas.

Para guru di SMPN 03 Membalong juga mengharapkan bahwa dengan adanya kakak-kakak mahasiswa ini bisa memberi motivasi dan gambaran agar anak didik mereka bisa semangat dalam belajar dan mengejar cita-cita.

Harapan Ketua kelompok KKN Desa Lassar Romadani menyampaikan, peserta didik kelas 2 dan 3 SMP jangan sampai putus sekolah hanya karena pergaulan lingkungan sosial, kalau bisa lanjutkan pendidikan kalian sampai orang tua kalian bangga terhadap prestasi yang kalian gapai. Sosialisasi di lakukan dengan penuh antusias baik dari mahasiswa KKN maupun peserta didik yang hadir.(*)