Mahasiswa KKN Kelompok 20 IAIN SAS Babel Bagikan 1000 Bibit Gratis Kepada warga Desa Pasir Putih

avatar Tong Hari
Tong Hari

97 x dilihat
Mahasiswa KKN Kelompok 20 IAIN SAS Babel Bagikan 1000 Bibit Gratis Kepada warga Desa Pasir Putih
Mahasiswa KKN Kelompok 20 IAIN SAS Babel Bagikan 1000 Bibit Gratis Kepada warga Desa Pasir Putih




IAINSASBABEL.AC.ID-BANGKA SELATAN. Selain mengabdi, mengajar dan berbaur dengan masyarakat, salah satu esensi dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah Mahasiswa dapat berbuat dan memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat sekitar yang menjadi lokasi dilaksanakannya KKN tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Pembagian dan penanaman bibit pohon di Desa Pasir Putih menjadi salah satu program kerja (Proker), Sabtu, (22/10).

Adapun bibit pohon buah yang dibagikan yaitu Rambutan, Jambu biji, Jeruk Nipis., Sirsak., Alpukat dan beberapa tanaman hias (pucuk merah) serta bibit pohon Ketapang teknis penyebarannya yakni dengan dibagikan ke warga sekitar dan kemudian dilakukan penanaman dibeberapa instansi. Kegiatan ini  melibatkan kerja sama mahasiswa KKN Desa Pasir Putih dengan melibatkan 4 RT. yang dilakukan di empat titik RT yakni RT 01, 02, 03 dan 04.

Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan dalam penataan serta penghijauan desa dan lingkungan sekitar. Selain itu, masyarakat juga bisa memanfaatkan lahan perkarangan rumah atau kebun untuk ditanami pepohonan dan buah-buahan.

Untuk pembagian dan penanaman bibit, mahasiswa KKN memilih Kantor Desa sebagai lokasi penanaman pertama sekaligus simbolis serah-terima bibit dari mahasiswa KKN kepada Kepala Desa Pasir Putih,  kemudian dibagikan kepada warga.

Habib Yarhamka Koordinator Kelompok 20 yang menjelaskan bahwa  proker ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penghijauan kepada masyarakat Desa Pasir Putih, sekaligus memanfaatkaan lahan kosong dan lahan warga yang tersedia.“Juga sebagai upaya untuk menambah penghijauan disetiap rumah dan juga ada beeberapa peembagian bibit tanaman buah,” imbuhnya

Kepala Desa Pasir Putih Iin Sandra, A.Md, juga mngutarakan harapannya dengan terlaksanakan kegiatan ini. “Dengan adanya program bantuan pembagian dan penanaman bibit dari Mahasiswa KKN-MB IAIN SAS Bangka Belitung, semoga dengan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Pasir Putih.

Kami dari Pemerintah Desa Pasir Putih mengucapkan terimakasih atas partisipasinya dan program yang telah di jalankan mahasiswa KKN-MB di Desa Pasir Putih. Bernilai guna nantinya dan kegiatan ini dapat bernilai ibadah serta diridhoi Allah Swt,” harapanya.

 

 

Penulis : lina