Mahasiswa KKN Posko 29 Dusun Pulau Panjang Ikut Bantu Acara Syariat dan Adat Mattampung

avatar Tong Hari
Tong Hari

215 x dilihat
Mahasiswa KKN Posko 29 Dusun Pulau Panjang Ikut Bantu Acara Syariat dan Adat Mattampung
Mahasiswa KKN Posko 29 Dusun Pulau Panjang Ikut Bantu Acara Syariat dan Adat Mattampung




IAINSASBABEL.AC.ID-BANGKA SELATAN. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Moderasi Beragama (KKN-MB) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung membantu warga dalam acara Mattampung di Dusun Pulau Panjang, Desa Penutuk, Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (29/10/2022) dilaksanakan di rumah kepala dusun Pulau Panjang, Desa Penutuk dan diikuti oleh warga setempat.

Pratomo mewakili Mahasiswa KKN-MB IAIN SAS Bangka Belitung di pulau panjang mengatakan acara mattampung ini adalah acara kematian yang mana acara ini merupakan acara syariat dan adat istiadat suku bugis. Jadi, tradisi ini merupakan warisan yang diturunkan oleh nenek moyang masyarakat suku bugis yang masih tetap dipertahankan sampai sekarang. Pewarisan kebudayaan dengan melalui pengalaman atau memori sosial, sehingga dapat diwarisi oleh generasi penerusnya. 

Masyarakat Dusun Pulau Panjang yang mayoritasnya suku bugis terdapat berbagai prosesi dalam pelaksanaan tradisi yang sangat penting yakni Mattampung, mattampung adalah acara memperingati kematian atau hari ke seratus meninggalnya seseorang, yang mana di dalam acara tersebut terdapat proses pengurbanan hewan, penyajian makanan dan pembacaan doa-doa seperti tahlilan dan yasinan. 

Setiap tradisi memiliki fungsi bagi masyarakat  termasuk tradisi mattampung juga memiliki fungsi tertentu bagi masyarakt. Fungsi dilaksanakan mattampung sebagai penanda untuk generasi-generasi berikutnya dalam mengenali anak saudara atau keluarga yang telah lebih dahulu meninggal.

Muhammad Tang selaku kepala dusun Pulau Panjang mengatakan didalam tradisi diatur bagaimana manusia berhubungan dengan manusia lain atau satu kelompok manusia dengan kelompok lain, bagaimana manusia bertindak terhadap lingkungannya dan bagaimana perilaku manusia terhadap alam dan yang lain terhadap norma. Tradisi mattampug ini mempunyai nilai-nilai yaitu kebersamaan, gotong royong dan menjalin silaturahmi. 

Saya ucapkan banyak terimakaih kepada mahasiswa KKN-MB IAIN SAS Bangka Belitung yang turut ikut membantu pelaksanaan adat mattampung semoga dengan adanya acara ini bisa menguatkan kekeluargaan yang telah terjalin.

 

 

Penulis: Alfina