Mushala Ulul 'Ilmi sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat IAIN SAS Babel

avatar Mega Paraiyannie
Mega Paraiyannie
Mushala Ulul 'Ilmi sebagai Bentuk Pengabdian Masyarakat  IAIN SAS Babel
Peletakan Batu Pertama oleh Rektor/Ketum MUI Babel

Peletakan Batu Pertama oleh Kapolres Bangka Widi Haryawan
Peletakan Batu Pertama oleh Kapolres Bangka Widi Haryawan

Sambutan Ketua Panitia, Kusnadi
Sambutan Ketua Panitia, Kusnadi

Sambutan Penasehat, Rusydi Sulaiman
Sambutan Penasehat, Rusydi Sulaiman

Foto Bersama
Foto Bersama

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Bertepatan dengan peristiwa Nuzulul Quran 17 Ramadan 1442 H atau 29 April 2021 dilaksanakan peletakan batu pertama Mushala Ulul ‘Ilmi sekitar pukul 16.00 WIB. Mushala Ulul 'Ilmi yang rencananya akan dibangun dengan ukuran 7x10 meter presegi di atas tanah yang sudah diwakafkan dengan ukuran 10x20 meter pesegi, berlokasi di Jalan Pahlawan 12 Dusun II atau ± 300 m seberang Kampus IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Desa Petaling Banjar, Kec. Mendo Barat, Kab. Bangka. Penentuan arah kiblat pun telah dilaksanakan pada Rabu, 28 April 2021 yang dipimpin oleh Ust. Ahmad Fadholi. 

Peletakan Batu Pertama dihadiri oleh Ketua MUI Prov. Kep. Babel/Rektor IAIN SAS Babel, Kapolres Bangka, Camat Mendo Barat yang diwakili oleh Sekretaris Camat, Kapolsek Mendo Barat, Danramil Mendo Barat, beberapa Pimpinan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung dan Civitas Akademika serta tokoh masyarakat.

Ketua Panitia, Kusnadi berharap Mushala Ulul 'Ilmi dapat menjadi sarana ibadah dan menjadi amal jariah bagi semua pihak. “Harapan kami Mushala Ulul ‘Ilmi ini dapat menjadi sarana Ibadah bagi masyarakat sekitar, bagi mahasiswa IAIN SAS Babel. Semoga dengan dilaksanakannya peletakan batu pertama ini menjadi langkah awal itikad baik kita semua dan menjadi amal jariah bagi kita semua”, ungkap Kusnadi dalam sambutannya.

“Peletakan Batu Pertama Mushala Ulul ‘Ilmi di Komplek Ulul ‘Ilmi Petaling Banjar merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan civitas akademika IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, sebagai salah satu unsur dari Tri Dharma Perguruan Tinggi agar mushala yang diletakan batu pertama itu memberi sentuhan tersendiri bagi para penghuni (pemilik tanah) di sekitar untuk segera melakukan penghunian dan ini merupakan energi positif. Mushala ini nantinya juga dapat difungsikan oleh para mahasiswa yang berdomisili tidak jauh dari komplek tersebut”, ungkap Rusydi Sulaiman selaku Penasehat.

Sejalan dengan hal tersebut, Kapolres Bangka berharap bahwa pembangunan mushala ini dapat segera selesai dan dapat digunakan untuk beribadah dengan keadaan yang tetap ramai dari waktu ke waktu. Selain itu, Widi Haryawan mengingatkan kepada Ketua Panitia untuk mengurus administrasi wakaf tanah mushala supaya kedepannya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Ia juga mengingatkan untuk berhati-hati dalam berkendara, tetap menjaga protokol kesehatan karena angka kasus COVID-19 terus meningkat, khususnya di Kabupaten Bangka.

Selanjutnya pada kegiatan inti, peletakan batu pertama dilakukan oleh Kapolres Bangka Widi Haryawan dan diikuti Ketua Umum MUI Prov. Kep. Babel yang sekaligus menjabat sebagai Rektor IAIN SAS Babel Zayadi Hamzah, Kapolsek Mendo Barat, Danramil Mendo Barat, Penasehat Rusydi Sulaiman, Ketua Panitia Kusnadi, dan para pimpinan lainnya.

Peletakan batu pertama Mushala Ulul ‘Ilmi ini ditutup dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Ust. Amrullah agar pembangunan Mushalla Ulul 'Ilmi diberikan kelancaran hingga selesai, dan para tamu undangan diarahkan ke Aula Gedung Terpadu IAIN SAS Babel untuk berbuka puasa bersama.

 

(Penulis: Mega Paraiyannie | Editor: Turmuzi)