Prodi Jurnalistik Islam Gelar Pelatihan Pengelolaan Open Journal Systems (OJS)

avatar Tong Hari
Tong Hari
Prodi Jurnalistik Islam Gelar Pelatihan Pengelolaan Open Journal Systems (OJS)


IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Program Studi Jurnalistik Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menyelenggarakan Pelatihan Open Journal Systems (OJS). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dosen yang menjadi pengelola (editor) pada jurnal prodi yang bernama Jurnal Mediova : Journal of Islamic Media Studies. Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, Oktarizal Drianus, M.Psi. selaku pemateri pada pelatihan tersebut menyampaikan apresiasinya “Pelatihan ini sangat berguna bagi peningkatan kualitas jurnal di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung,” ungkapnya.

MEDIOVA: Jurnal Kajian Media Islam merupakan jurnal yang berfokus pada kajian media dan berbagai isu Islam di masyarakat. Ruang lingkup kajian media ini terkait dengan kajian media seputar isu-isu seperti:

  1. Kegunaan dan Kepuasan Media Massa dan Jurnalisme di Seluruh Negara Islam: bidang ini bertujuan untuk mengkaji kegiatan jurnalistik dan produksi media yang meliputi media cetak, radio, televisi, dan internet di seluruh negeri Islam.
  2. Media Baru dan Teknologi Komunikasi: bidang studi komunikasi baru yang terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi dan kebutuhan masyarakat, bidang ini meliputi media digital, jurnalisme data, jurnalisme kecerdasan buatan (AI), interaktif, hipertekstual dan jejaring, dan lain-lain.
  3. Film dan Periklanan:  bidang ini bertujuan untuk memberikan pengaruh komunikasi visual pada film dan kampanye periklanan apapun yang berdampak pada masyarakat, khususnya yang dikeluarkan untuk masyarakat Islam.
  4. Gender, Etika dan Regulasi Media:  bidang ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengkaji isu gender, kode etik jurnalistik, dan regulasi media di negara Islam manapun.
  5. Agama dan Hubungan Masyarakat (Public Relations) baik pemerintah maupun non pemerintah dengan nilai-nilai sosial dan Islam yang berorientasi pada keberlanjutan global (global sustainability).

Pengelola Jurnal Mediova dipimpin oleh Gustin,M.Pd, serta dosen-dosen prodi Jurnalistik Islam, sebagai assosiate editor ialah Arifah, M.A.,  Atikah Dewi Utami, M.Si., Amrullah, M.Si., Rahayu Rahmadini, M.I.Kom., Sekar Putri, M.A., Dodi Irawan, M.Pd., dan Rafles Abdi Kusuma, M.A. Selain itu, beberapa editor dan reviewer lainnya pada jurnal Mediova berasal dari kampus lain di Indonesia. Gustin selaku Editor in Chief mengharapkan dengan “Pelatihan Pengelolaan OJS pada terbitan pertama jurnal Mediova ini sangat penting untuk menciptakan alur kerja (workflow) jurnal yang berkualitas. Sehingga nanti bisa mendapatkan akreditasi jurnal dengan predikat minimal Sinta 3," tegas Gustin.

Jurnal Mediova dikelola oleh program studi Jurnalistik Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Jurnal diterbitkan dua kali dalam satu tahun pada bulan April dan Oktober.  Pengelola jurnal saat ini sedang menjaring artikel dari penulis melalui Call For Paper Volume 1 No.1 Tahun 2021. Submit artikel secara online paling lambat pada  22 Maret 2021. Setiap artikel akan dilakukan pengecekan plagiasi dan akan dipublikasikan online pada website jurnal https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/MEDIO. Oleh karena itu dukungan dari banyak pihak sangat diharapkan. Apabila penulis memerlukan bantuan silahkan menghubungi narahubung: Gustin, M.Pd (Editor in Chief) di nomor WhatsApp 0812-7106-5934.

 

(Penulis : Rafles Abdi Kusuma | Editor: Turmuzi)