Selamat ! 12 Dosen IAIN SAS Bangka Belitung Lulus Sertifikasi Dosen Tahun 2022

avatar Tong Hari
Tong Hari

89 x dilihat
Selamat ! 12 Dosen IAIN SAS Bangka Belitung Lulus Sertifikasi Dosen Tahun 2022
Sebanyak 12 Dosen Institut Agama Islam Negeri( IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung lulus Sertifikasi Dosen (Serdos) di tahun 2022

IAINSASBABEL.AC.ID BANGKA. Sebanyak 12 Dosen Institut Agama Islam Negeri( IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung lulus Sertifikasi Dosen (Serdos) di tahun 2022 yang tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 7407 Tahun 2022 Tentang Penetapan Kelulusan Peserta Sertifikasi Pendidik untuk Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Tahun 2022 Tanggal 27 Desember 2022.

Sertifikasi Dosen merupakan program yang dijalankan berdasar pada UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah R.I No. 37 Tahun 2009 tentang Dosen dan Peraturan Mendiknas RI Nomor 47 Tahun 2009 tentang Sertifikasi Pendidik Untuk Dosen.

Untuk dosen, proses penilaianan akhir portopolio dilakukan oleh asesor, yang diusulkan oleh perguruan tinggi penyelenggara sertifikasi dosen setelah mengikuti pembekalan sertifikasi dan mendapatkan pengesahan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Program ini merupakan upaya meningkatkan mutu pendidikan nasional dan memperbaiki kesejahteraan dosen, dengan mendorong dosen untuk secara berkelanjutan meningkatkan profesionalismenya. Sertifikat pendidik yang diberikan kepada dosen melalui proses sertifikasi adalah bukti formal pengakuan terhadap dosen sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan tinggi.

Adapun nama-nama dosen dari IAIN SAS Bangka Belitung Tahun 2022  yang lulus sertifikasi tersebut adalah:

1. DIAN PUSPITA EKA PUTRI , M.Pd

2. NURUL QOMARIAH, M.Pd

3. RATNA DEWI , M.A

4. Dr. NIKMARIJAL , M.Pd

5. NURUL FAQIH ISRO'I , M.Pd

6. MANDALA FALDINI , M.M

7. MARHENI , M.Si

8. ICHSAN HABIBI , MA,Hum

9. NURVIYANTI CHOLID , M.Pd.I

10. JURIANA, M.Pd

11. ELA ISNANI MUNAWWAROH , M.Pd

12. DINAR PRATAMA, M.Pd

Dr. Nikmarijal, M.Pd yang merupakan salah satu dosen yang lulus Sertifikasi Dosen  menuturkan bahwa dia sangat bersyukur dan terima kasih atas segala dukungan Bapak/Ibu Dosen dan segenap Pimpinan IAIN SAS Bangka Belitung, Kepala LPM dan tim yang selalu memantau proses sertifikasi ini hingga sukses.

Rektor IAIN SAS Babel Dr. Irawan, M.S.I menyampaikan ucapan selamat kepada para dosen dan mengajak dengan lulus serdos ini, maka dosen yang bersangkutan disebut dosen profesional. Untuk itu, menjadi dosen profesional harus mengerti dalam makna luas di antaranya memahami tugas dosen, mengenal diri sendiri, dan bagaimana menjadi dosen profesional. Sertifikasi profesi dosen merupakan bukti pengakuan bagi seorang dosen.

Dosen yang telah tersertifikasi  telah dinyatakan layak sebagai pengajar dan berkewajiban untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Dosen harus memahami dan melaksanakan tugas fungsionalnya terkait dengan pemenuhan unsur- unsur yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dan aspek tertentu lainnya.

Pada kesempatan yang sama  Ketua LPM Dr.Ahmad Irvani,M.Ag  mengatakan, kita harus syukuri atas perolehan sertifikasi dosen dengan bersama-sama  memajukan IAIN SAS Babel  yang kita cintai. Melalui sertifikasi dosen yang  telah diterima melekat  stantar profesional yang dimiliki di bidang melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. 

Dosen-dosen yang telah lulus sertifikasi bisa membantu meningkatkan nilai akreditasi institusi dan Prodi. Semakin tinggi akreditasinya, semakin menunjukan kualitas pelayanan pendidikan yang diselenggarakan.

Kami berharap dosen IAIN SAS Bangka Belitung lulus serdos semoga semakin sukses dalam berkarier sebagai dosen dan turut dalam mencerdaskan anak-anak bangsa, ujar Irvani

(Penulis : Tonghari/Ayaknan | Editor: Ika Robiantari)