Serah Terima 607 Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel di Belitung disambut Baik

avatar Tong Hari
Tong Hari

122 x dilihat
Serah Terima 607 Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel di Belitung disambut Baik
Serah Terima 607 Mahasiswa KKN IAIN SAS Babel di Belitung disambut Baik



IAINSASBABEL.AC.ID BANGKA. Sebanyak 607 mahasiswa dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syaikh Abdurrahman Siddik(SAS) Bangka Belitung tahun angkatan 2023 merayakan momen bersejarah dalam perjalanan pendidikan mereka.

Acara pelepasan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini berlangsung dengan meriah di Kabupaten Belitung, menandai awal dari sebuah pengalaman berharga selama beberapa 40 hari, 1 September-10 Oktober 2023 mendatang.

Pelepasan ini dihadiri oleh berbagai pihak, diantaranya Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr. Irawan, M.S.I dan para Wakil Rektor I Prof. H. Hatamar, M.Ag , Wakil Rektor III, Dr. H. Muh. Misdar dan Ketua LP2M Dr. Suparta,M.Ag dan Kepala Pusat Pengabdian Dr.Noblana Adib, M.Pd.I,M.A,  Kemudian dari pemerintah Kab Belitung Bupati Belitung diwakili PLH Sekda Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Suksesyadi, M.S.I.

Pada acara tersebut juga dihadiri Kapolres Belitung dan para kepala dinas, Camat dan sekcam Kab. Belitung. Kemudian yang sangat penting dalam proses KKN ini hadir juga Mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan. Acara tersebut berlangsung di ruang rapat Pemerintah Kab.Belitung, Jumat,1 /9/2023.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN SAS Babel Dr. Irawan, M.S.I mengungkapkan tentang pentingnya pengabdian kepada masyarakat dan berharap para mahasiswa dapat berkomitmen dalam menjalankan misi KKN dengan baik.

Ia juga mengajak mahasiswa untuk terus mengaplikasikan nilai-nilai yang sudah dipelajari di kampus di dalam kehidupan mereka ketika KKN.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kabupaten Belitung, yang diwakili oleh Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kab. Belitung Drs. Suksesyadi memberikan apresiasi kepada IAIN SAS atas kepercayaannya menjadikan Kabupaten Belitung sebagai tempat pelaksanaan KKN IAIN SAS Bangka Belitung tahun 2023 ini.

Ia berharap bahwa semangat pelayanan kepada masyarakat ini akan terus berkembang dan berdampak positif bagi pembangunan berkelanjutan di Belitung.

Momen puncak pelepasan ditandai dengan penyematan ID Card kepada perwakilan mahasiswa oleh Rektor IAIN SAS dan Plh. Sekda kabupaten Belitung didampingi oleh para kepala dinas dan camat di lingkungan pemerintah Kab. Belitung.

Kepala Pusat Pengabdian Noblana Adib, M.Pd.I,M.A Mengatakan mahasiswa IAIN SAS Babel tiba di Belitung menggunakan Jetfoil, Bahari proses kedatangan dilakukan dalam dua hari, 30 dan 31 Agustus 2023.

Mahasiswa kemudian diantar ke lokasi KKN dengan bantuan Dinas Perhubungan kabupaten Belitung dibawah koordiantor Bapak Iqbal.

Lokasi KKN meliputi 4 kecamatan yaitu Kecamatan Tanjung Pandan, Kecamatan Sijuk, Kecamatan Membalong dan Kecamatan Badau meliputi 34 desa dan 6 dusun.

Menunjukkan betapa pentingnya peran perguruan tinggi dalam pengembangan masyarakat dan pemajuan daerah, dan diharapkan bahwa semangat pelayanan mereka akan terus membawa dampak positif dalam tahun-tahun mendatang.(*)

Penulis : Noblana