IAIN SAS Babel Lakukan Survey Faktual Calon Penerima Beasiswa KIP Kuliah dan Pengganti Bidikmisi dan Diknas

avatar Tong Hari
Tong Hari
IAIN SAS Babel  Lakukan Survey  Faktual Calon  Penerima  Beasiswa  KIP Kuliah dan Pengganti Bidikmisi dan Diknas



IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurahman Siddik Bangka Belitung melakukan Survei  Faktual  Calon Penerima Beasiswa KIP Kuliah Tahun 2021, Pengganti Bidikmisi dan Diknas selama  4 Hari tanggal 12 - 15 Juli 2021. Survey dilakukan dengan mendatangi tempat tinggal mahasiswa baru Jalur SPAN 2021, Pengganti Bidikmisi dan beasiswa  Diknas.  Hasil survei akan dijadikan pertimbangan dalam penentuan penerima beasiswa.

Setelah diumumkan penerimaan mahasiswa baru pada jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) tanggal 12 April 2021 lalu, tahap selanjutnya dilakukan registrasi Uang Kuliah Tunggal (UKT) secara online, dan pendaftaran calon mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Wakil Rektor III Dr. H. Janawi, M.Ag. mengatakan ada beberapa ketentuan yang mesti dipahami dalam Survey Faktual KIPK ini yaitu melakukan pengecekan data faktual terhadap kesesuaian berkas yang diajukan dengan kondisi riil calon penerima. Seperti kondisi rumah, penghasilan orang tua,  jumlah keluarga. Di samping itu syarat terpenting adalah prestasi calon penerima baik prestasi akademik dan non akademik.

Kuota Beasiswa KIP Kuliah Tahun 2021 sebesar 100 orang. Untuk kuota KIP Kuliah jalur SPAN ditetapkan sebanyak 50 persen dari kuota, Sedangkan beasiswa pengganti  Bidikmisi dilakukan karena beberapa faktor diantaranya faktor penerima menikah dan penurunan prestasi sebanyak dua semester berturut turun di bawah 3,0.

Tim survei KIPK 2021 Jalur SPAN, Pengganti Bidikmisi dan Diknas, setiap daerah menurut Janawi  jumlah tim survei berbeda-beda. Tim survei selain mewawancarai anggota keluarga mahasiswa, juga mewawancarai masyarakat sekitar termasuk perangkat Desa setempat.

“Tim  turun survei benar-benar mencatat kondisi ekonomi mahasiswa, seperti melihat kondisi fisik rumah beserta isinya, menanyakan pekerjaan orang tua mahasiswa, dan juga mewawancarai tetangga kanan dan kiri mahasiswa.

Dari hasil survei yang dilakukan selanjutnya akan diplenokan sebagai penentuan akhir calon penerima beasiswa tersebut. Pengumuman nama-nama calon mahasiswa penerima Beasiswa KIP Kuliah, Pengganti Bidikmisi dan Diknas yang “lulus seleksi” akan disampaikan melalui website IAIN SAS Bangka Belitung.

Tidak dapat dipungkiri, pandemi Covid-19 ini cukup memberi dampak pada keadaan ekonomi masyarakat kita. Tapi yang bisa kita ambil hikmah adalah bagaimana mereka tetap bisa belajar dan berprestasi di tengah kondisi dan kendalanya. Semoga semangat ini juga sampai kepada mahasiswa/mahasiswi yang mendapat kecukupan ekonomi dan dukungan penuh dari orang tua, sehingga kita benar-benar bisa mewujudkan sumberdaya manusia yang unggul,” tutup Janawi.

 

Penulis : Ayaknan