Mahasiswa Prodi PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menjadi Tuan Rumah pada Kegiatan SIMBA VIII Se-Sumatera

avatar Tong Hari
Tong Hari
Mahasiswa Prodi PBA IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menjadi Tuan Rumah pada Kegiatan SIMBA VIII Se-Sumatera
Pembukaan Kegiatan SIMBA VIII Se-Sumatera

IAINSASBABEL.AC.ID - BANGKA. Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab atau yang dikenal dengan ittihaad Tholabah al-Lughah al-‘Arabiyah (ITHLA) DPW 1 Sumatera mengadakan kegiatan Silaturrahmi Mahasiswa Bahasa Arab (SIMBA) se-Sumatera yang ke VIII. Pada tahun ini, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung dipercaya sebagai tuan rumah. Kegiatan SIMBA ini pada awalnya dijadwalkan akan dilaksanakan pada tahun 2020. Namun dikarenakan situasi yang tidak memungkinkan, kegiatan tersebut akhirnya dilaksanakan secara online pada tahun ini.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting dan banyak dihadiri  kampus-kampus yang ada di Sumatera, seperti UIN Imam Bonjol, UIN SUSKA Riau, UIN Sultan Syarif Syaifudin Jambi, Universitas Riau, Universitas Jambi, STAIN Bengkalis, IAIN Curup, IAIN Bengkulu dan masih banyak lagi. Alhamdulillah hampir seluruh kampus yang ada di Sumatera membersamai dalam kegiatan ini”. Ungkap Rambu Aulia selaku Koordinator Pelaksana Kegiatan. Menurut informasi, memang ada 35 Perguruan Tinggi yang terdaftar akan mengikuti kegiatan ini. 

Kegiatan SIMBA yang dilaksanakan mulai tanggal 27 hingga 28 Februari ini mengusung tema “Mempererat Ikatan Tali Ukhuwah Guna Membangun Kerja Sama antar Mahasiswa Bahasa Arab Sumatera di Bumi Serumpun Sebalai”. 

“Kami berharap dengan kegiatan ini bisa mempererat tali silaturrahmi antar mahasiswa Bahasa Arab se-Sumatera, kemudian untuk meningkatkan kemampuan dan komunikasi antar mahasiswa Bahasa Arab di Sumatera ini.” Ungkap Aulia lebih lanjut.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan kali ini berupa seminar online, forum group discussion dan juga lomba-lomba yang akan dilaksanakan secara virtual. Beberapa cabang lomba yang akan dilombakan antara lain debat Bahasa Arab, pidato Bahasa Arab, puisi Bahasa Arab, dan taqdimul Qishshah.

“Untuk FGD biasanya diisi dengan diskusi antara Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) atau Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) PBA ataupun BSA untuk saling bertukar pikiran tentang program kerja HMJ atau HMPS ataupun bentuk kerja sama yang akan dilakukan. Namun kali ini kami akan membahas tentang keorganisasian ITHLA secara umum yang ada di Indonesia, dan secara khusus yang ada di Sumatera”. Lanjut Aulia.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan kampus, Fakultas dan juga Prodi secara khusus yang sudah banyak membantu kami sehingga acara ini bisa dilaksanakan dan bisa berjalan dengan lancar.”

Penulis: Ela Isnani Munawwaroh